Wisata Pura Samuan Tiga Gianyar ( Pura Penataran ) – Wisata Sejarah di Gianyar Bali

 

Kabupaten Gianyar, Bali mempunyai aneka macam obyek wisata yang menarik dan salah stunya yang tak boleh anda lewatkan ketika berada dikawasannya yaitu Wisata Pura Samuan Tiga Gianyar ( Pura Penataran ) – Wisata Sejarah di Gianyar Bali. Tempat wisata ini sempurna berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, provinsi Bali, Indonesia. Menurut sejarahnya, bahwa Pura Samuan Tiga ialah sebagai tempat memuja kekuatan alam oleh nenek moyang masyarakat setempat.
Maka dari itu pura ini tergolong banguanan yang sudah tua, dari isu yang didapatkan menyampaikan dibangun pada masa pra-sejarah. Dalam prosesnya melewati perjalanan sejarah yang begitu panjang jadi tak menutup kemungkinan ada sebagaian dari informasinya yang belum terpecahkan.
Dirilis dari salah satu halaman dalam lontar Tatwa Siwa Purana, bahwa pembangunan Pura Samuan Tiga dilaksanakan pada masa pemerintahan Prabu Candra Sangka sekaligus membangun pura Penataran sasih dan ilen-ilen ( hiburan ) tarkala piodalan, mulai dari nampiyog nganten, sanghyang jaran nglamuk beha ( menginjak bara ), mapalengkungan siyat pajeng, pendet dan siyat sampian yang mempunyai tujuan untuk menghilangkan sehananing leteh dan juga membersihkan diri.
Setelah diteliti lebih lanjut nama dari Prabu Candra Sangka tidak ada dalam sejarah pada ketika raja-raja yang ada di Bali. Tetai  ada pada Candrabhayasingha Warmadewa yang tertulis didalam prasasti di Pura Sakenan Manukaya Tampak Siring, yang mana berisikan wacana sejarah pembuatan pemandian tirta di Air Hampul atau populernya dengan sebutan Tirta Empul.
Sumber-sumber isu wacana sejarah tersebut tentunya sangat penting untuk mengetahui lebih akurat akan sejarah-sejarah pura yang dibangun di seluruh pelosok Pulau Bali. Ini dikarenakan setiap berdirinya pura tertentu niscaya ada sejarahnya, prasasti maupun purana yang mencatat wacana asal muasal ceritanya.
Jikalau yang dimaksud dalam lontar Tatwa Siwa Purana tersebut tak lain ialah Candra Bhayasingha Warmadewa tau nama lain dari Prabu Candra Sangk, maka sanggup dipastikan pebangunan Pura Samuan Tiga ini sejaman dengan pembuatan Tirta Empul yang tak lain dibangun atau dibentuk pada periode ke-10.
Semasa itu dibangunla Pura Gunung ( Pura Tirta Empul di Tampaksiring ), oh iya Guys Pura Penataran yaitu nama lain dari Pura Samuan Tiga, dan yang satunya lagi dibangunlah pura yang berjulukan Pura Segara. Kelebihan dari Pura Samuan Tiga ini berlokasi dilingkungan pedesaan yang mana mempunyai nuansa alam yang masih sangat asri dan alami.
Pura Samuan Tiga atau Pura Penataran merupakan situs cagar budaya, sehingga sanagat cocok bagi anda yang menyukai  wisata yang berbau wisata sejarah. Selama di kawasannya anda akan di suguhi dengan udara nan begitu sejauk, jadi berlama-lama berwisata disini yaitu acara yang sering dilakukan oleh pengunjungnya.
Didalam daerah Pura Samuan Tiga mempunyai 7 mandala atau halaman dengan ketinggian yang berbeda-beda, nama dari ke-7 halaman tersebut yaitu Mandala Jaba, Penataran Agung, Duur Delod, Beten Kangin, Batan Manggis, Samenggen serta Mandala Jeroan.
Lokasi Pura Samuan Tiga berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia.

Demikian ulasan mengenai Wisata Pura Samuan Tiga Gianyar ( Pura Penataran ) – Wisata Sejarah di Gianyar Bali , semoga bermanfaat ya.