SHOPPING CART

close
Booking.com

Pura Taman Ayun Mengwi Bali adalah Warisan Budaya Dunia yang menarik untuk dikunjungi

Booking.com
 

Pura Taman Ayun yang terdapat di Desa Mengwi, Kabupaten Badung, sekitaran 18 km ke arah barat dari Denpasar. Pura ini begitu indah, sesuai sama namanya yang bermakna pura di taman yang indah. Terkecuali indah, Pura Taman Ayun juga dinilai mempunyai nilai histori, hingga pada th. 2002 Pemda Bali mengusulkan pada UNESCO supaya pura ini dimasukkan dalam World Heritage Daftar.
Pura Taman Ayun adalah Pura lbu (Paibon) untuk kerajaan Mengwi. Pura ini di bangun oleh Raja Mengwi, I Gusti Agung Putu, pada th. 1556 Saka (1634 M). Pada awalnya, I Gusti Agung Putu bangun satu pura di utara Desa Mengwi untuk tempat pemujaan leluhurnya. Pura itu diberi nama Taman Genter. Saat Mengwi sudah berkembang jadi satu kerajaan besar, I Gusti Agung Putu memindahkan Taman Genter ke arah timur serta memperluas bangunan itu. Pura yang sudah diperluas itu diresmikan sebagai Pura Taman Ayun pada hari Selasa Kliwon-Medangsia bln. ke empat th. 1556 Saka. Hingga saat ini, sehari-hari Selasa Kliwon wuku Medangsia menurut pananggalan Saka, di pura ini diadakan piodalan (upacara) untuk merayakan lagi th. berdirinya pura.

Pura Taman Ayun sudah alami sekian kali perbaikan. Perbaikan dengan cara besar-besaran dikerjakan th. 1937. Pada th. 1949 dikerjakan perbaikan pada kori agung, gapura bentar, serta pembuatan wantilan yang besar. Perbaikan ketiga th. 1972 serta yang paling akhir th. 1976.
Kompleks Pura Taman Ayun tempati tempat seluas 100 x 250 m2, tersusun atas pelataran luar serta tiga pelataran dalam, yang semakin kedalam semakin tinggi letaknya. Pelataran luar yang dimaksud Jaba, terdapat di segi luar kolam. Dari pelataran luar ada satu jembatan melewati kolam, menuju ke satu pintu gerbang berbentuk gapura bentar.
 
Gapura itu adalah jalan masuk ke pelataran dalam yang dikelilingi oleh pagar batu. Di jalan masuk menuju jembatan serta di depan gapura ada sepasang arca raksasa. Di samping kiri jalan masuk, tak jauh dari gerbang, ada bangunan sejenis gardu kecil untuk penjaga. Di halaman pertama ini itu ada satu wantilan (sejenis pendapa) yang dipakai untuk proses upacara serta sebagai tempat penyabungan ayam yang dikerjakan dalam kaitan dengan penyelenggaraan upacara di pura.
Pelataran dalam pertama seakan dibelah oleh jalan menuju gapura yang disebut pintu masuk ke pelataran dalam ke-2. Di segi barat daya ada bale bundar, yang disebut tempat beristrirahat sembari nikmati keindahan pura. Di samping bale bundar ada satu kolam yang dipenuhi dengan teratai serta di tengahnya berdiri satu tugu yang pancarkan air ke sembilan arah mata angin. Di timur ada beberapa kumpulan pura kecil yang dimaksud Pura Luhuring Purnama.
Di ujung jalan yang membelah pelataran pertama ada gerbang ke pelataran ke-2. Pelataran ini posisinya lebih tinggi dari pelataran pertama. Pas berseberangan dengan gerbang ada satu bangunan pembatas, yang dihiasi dengan relief melukiskan 9 dewa penjaga arah mata angin. Di samping timur ada satu pura kecil yang dimaksud Pura Dalam Bekak. Di pojok barat ada balai Kulkul yang atapnya menjulang tinggi.
Pelataran dalam ketiga atau yang terdalam adalah pelataran yang tertinggi letaknya serta dikira paling suci. Pintu paling utama yang dimaksud pintu gelung terdapat di dalam serta cuma di buka ketika diselenggarakannya upacara. i kiri serta kanan pintu paling utama ada gerbang yang dipakai untuk keluar masuk dalam melakukan aktivitas keseharian di pura itu. Di pelataran ini ada beberapa Meru, Candi, Gedong, Padmasana, Padma Rong Telu, serta bangunan-bangunan keagamaan yang lain. 
(sumber berita:http://candi.perpusnas.go.id/)
Pura Taman Ayun Mengwi Bali adalah Warisan Budaya Dunia yang menarik untuk dikunjungi : 
 
Taman Ayun dalam bhs Bali, berarti taman yang cantik. Pura Taman Ayun mempunyai panorama yang indah. Pesonanya datang dari kolam yang melingkari kompleks bangunan pura, yang ada diatas tempat seluas 4 hektare.
Dari terlalu jauh kolam itu tampak seperti gelang air, hingga seakan-akan bangunan pura ada diatas permukaan air. Panorama yang indah itu makin komplit dengan tumbuhnya rerimbunan pohon serta bunga di sekitaran bangunan pura.
 
 
 
Daya tarik lain yang bisa di nikmati oleh wisatawan berwisata ke tempat ini yaitu peninggalan Kerajaan Mengwi yang ada sekitaran 300 m dari pura itu, dan Museum Manusa Yadnya. Dalam museum itu, wisatawan dapat melihat upacara-upacara yang terkait dengan siklus kehidupan manusia, dari mulai dalam kandungan hingga wafat.
Untuk wisatawan yang menginginkan bermalam, di sekitaran lokasi wisata ini ada banyak penginapan dengan beragam type. Dari mulai wisma, hotel kelas melati, sampai hotel berbintang. Warung makanan kecil serta restoran juga begitu gampang didapati. Menu yang di tawarkan beragam dengan harga yang terjangkau.
 
Kompleks pura Taman Ayun Bali ini terbagi dalam tiga sisi, yakni ruangan terbuka, bangunan paling utama, serta bangunan-bangunan yang ditujukan untuk dewa serta dewi. Di bagian pertama, dipakai untuk beragam aktivitas religius serta panggung kesenian, wisatawan dapat nikmati indahnya susunan “meru”, yakni pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali.

 

Sedang di bagian ke-2, wisatawan bakal menjumpai bangunan bernama Bale Pelik yang dihiasi oleh seni ukir, relief, dan patung Dewa Nawa Sanga yang begitu indah.  

Lihat koleksi foto lain di Pura Taman Ayun

Lokasi Pura Taman Ayun by Google Map :


 
Jika suka akan artikel ini, yuk di share ya !!!!
Tags:

0 thoughts on “Pura Taman Ayun Mengwi Bali adalah Warisan Budaya Dunia yang menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com