Rahasia Di Balik Bangunan-Bangunan Prancis Yang Keren

Sudut-sudut Kota Paris yang artistik (Afif Farhan/detikTravel)

Paris – Setiap sudut Prancis selalu penuh bangunan artistik bernuansa kuno dan asyik buat foto-foto. Bangunannya begitu terjaga dan terawat dengan baik, kok dapat ya?

Ya, cobalah berkeliling kota-kota di Prancis. Dari ibukotanya Paris hingga daerah Cote d’Azur di bab selatan, terlihat bangunan-bangunan Eropa yang khas. Masih terawat dengan baik dan sedap dipandang. Bikin turis tak henti-hentinya mengeluarkan kamera untuk memotretnya.

Pekan kemudian atas permintaan Atout France, detikTravel dan beberapa awak media menjelajahi Prancis. Tepatnya hari Minggu (10/12), kami berkeliling Kota Paris naik kendaraan beroda empat antik Citroen 2CV dari Paris Authentic. Inilah kendaraan beroda empat khas Prancis yang sudah langka.

Jean Marc, pengemudi kendaraan beroda empat kami bercerita banyak selama perjalanan. Dia menjelaskan perihal pariwisata Prancis, tempat-tempat wisata hingga budaya orang Prancis. Satu yang menarik, beliau dongeng perihal bangunan-bangunan di Prancis.

 

Naik kendaraan beroda empat antik Citroen 2CV berkeliling Paris Naik kendaraan beroda empat antik Citroen 2CV berkeliling Paris (Afif Farhan/detikTravel)

“Kalian kemarin ke Nice, Cannes dan Antibes kan? Lihat deh bangunannya tak beda jauh ibarat di Paris. Bangunan bergaya Eropa dari kurun pertengahan dan masih kokoh hingga sekarang. Kami orang-orang Prancis sangat menjaga bangunan alasannya yaitu itu yaitu nilai sejarah,” terangnya.

 

Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata Unik dan Seru Museum Angkut di Batu Malang – Yuk, langsung Kesana

“Kalau dilihat dari luar, mungkin kau mikirnya itu museum atau yang lain. Tapi itu apartemen kok,” tambahnya sembari tertawa.

 

Menjelajahi sudut-sudut Kota NiceSudut-sudut Kota Nice yang dipenuhi banyak bangunan kuno (Afif Farhan/detikTravel)

Pria yang juga pernah berlibur ke Indonesia, khususnya ke Danau Toba pun menjelaskan pemerintah Prancis amat menjaga bangunan-bangunannya. Prancis punya peraturan yang mana dihentikan sembarangan orang mengubah bentuk bangunan. Bahkan mengubah warna cat!

“Wah itu dapat didenda. Kalau mau dicat ya harus sama ibarat warna aslinya. Pokoknya kita benar-benar menjaga bangunan sebagai nilai sejarah. Menghormati pendahulu kami, sekaligus bikin turis yang tiba ke Prancis niscaya jatuh hati. Lihat saja, kau daritadi nggak berhenti foto-foto,” papar Jean.

 

Bangunan-bangunannya jadi objek foto yang menarik Bangunan-bangunannya jadi objek foto yang menarik (Afif Farhan/detikTravel)

Hal senada pun diungkapkan Winnalia Lim, Responsable Marketing et Evenement ASEAN dari Atout France, yang menjadi pemandu awak media semenjak hari pertama. Menurutnya, bila ada bangunan dengan arsitketur yang modern justru akan menciptakan pemandangan jadi absurd di Prancis.

“Memang benar, ada peraturan untuk menjaga bangunan-bangunan di Prancis. Orang Prancis sangat menghargai seni dan sejarah,” terang perempuan yang bersahabat disapa Wina itu.

 

Rahasia di Balik Bangunan-bangunan Prancis(Afif Farhan/detikTravel)

“Sekaligus juga, bangunan itu jadi memikat perhatian turis ketika sight seeing. Bisa dibilang ini cara praktis untuk memikat turis,” lanjutnya.

Tampaknya, kita harus berguru dari Prancis. Dengan menjaga dan merawat bangunan-bangunan yang punya nilai sejarah, artinya itu akan berdampak pada aspek pariwisata. Biar turis yang tiba bakal senang. Setuju?



Booking.com