SHOPPING CART

close

Rowo Bayu, Wisata alam mengenal Situs Budaya di Banyuwangi

Rowo Bayu, Wisata alam mengenal Situs Budaya di Banyuwangi

Mungkin anda masih mengingat tentang cerita meninggalnya mahasiswa di desa penari dan cerita ini di filmkan dengan judul “KKN di Desa Penari”. Ya cerita ini sempat dikaitkan dengan wisata alam Rowo Bayu namun sebenarnya tempat wisata danau ini memiliki cerita sejarah mengenai budaya pada masa kerajaan Blambangan di Banyuwangi lo guys, bagi teman traveler yang sangat tertarik untuk datang kesini , yuk simak info kami mengenai Rowo Bayu, Wisata alam mengenal Situs Budaya di Banyuwangi

Tempat wisata Rowo Bayu merupakan wisata alam yang memiliki pemandangan yang insah dan masih asri karena belum banyak wisatawan yang datang kesini mungkin karena banyak cerita mistis tentang tempat ini, danau ini juga pernah menjadi lokasi shooting dunia lain guys.

Dari segi pariwisata sendiri, Rowo Bayu memiliki potensi wisata yang luar biasa untuk di kembangkan, pemandangan alam indah dan udara yang sejuk dab bersih serta masyarakat nya yang selalu ramah menerima wisatawan yang datang kesini.

Banyuwangi memang terkenal akan banyak tempat wisata alam dan pantainya, tempat wisata hits Banyuwangi mungkin adalah Rowo Bayu suatu saat nanti.

Lokasinya yang berada di Desa Bayu, wisata rowo bayu berada tersembunyi di balik rimbunnya hutan di kaki gunung Raung, warga lokal disini menyebutnya dengan nama rowo bayu dan tempat ini memiliki cerita aslinya sendiri hingga sekarang dikenal dengan nama Rowo bayu

Mengenai Rowo Bayu

Wana Wisata Rowo Bayu / IG @panca_lesmana

Mengenai penamaan Rowo Bayu berasal dari kata Rowo berarti rawa – rawa dan Bayu artinya angin dan nama desa lokasi wisata ini. Wisata alam ini merupakan tempat bersejarah dan menjadi situs budaya, dulunya tempat wisata banyuwangi ini menjadi tempat petilasan Prabu Tawang Alun yang menjadi Raja Blambangan. Tempat wisata ini merupakan peninggalan sejarah kerajaan Blambangan yang merupakan kerajaan agama hindu terakhir di pulau Jawa.

Banyak juga yang mengatakan bahwa tempat ini memiliki aura mistis dan angker tapi nyatanya tetap saja banyak juga wisatawan yang datang kesini untuk menikmati keindahan alam yang sejuk.

Wisata Rowo Bayu memiliki 3 mata air yakni dari sumber Keputren, Wigangga dan kemulyan, ketiga mata air ini mengalirkan airnya dari dataran tinggi. mata air ini pun selalu mengalir dan tidak pernah kekeringan, keberadaan mata air disini sangat di sakralkan oleh penduduk setempat.

Selain itu di Rowo Bayu ini kita akan bisa melihat candi puncak Agung Macan putih berdekatan dengan Pura Giri Mulya Agung, dari pintu masuk pengunjung bisa langsung mengikuti petunjuk arah yang menempel di pohon besar dengan tulisa nama candi dan Pura.

Wisatawan yang datang kesini sebagian juga menjadi perjalanan spritual untuk bersemedi dan banyak umat hindu yang bersembahyang disini. Areal rowo bayu di banyuwangi ini memiliki areal perkemahan dan terdapat juga rumah pohon yang cantik untuk berfoto -foto.

Rowo Bayu terlepas dari cerita horror yang percaya tidak percaya merupakan tempat wisata yang indah dan cukup populer di Banyuwangi, di sekitar danau masih di tumbuhi banyak pepohonan dan masih banyak satwa yang hidup di dalamnya. Yang masih tertarik ingin kesini tentunya juga harus paham dengan rute lokasi tempat wisata hits banyuwangi ini.

Rowo Bayu juga menjadi tempat sejarah saat perjuangan rakyat blambangan melawan penjajah Belanda, ribuan orang meninggal disini dan tempat wisata ini dipercaya menjadi cikal bakal terbentuknya kota Banyuwangi.

Baca : 10 Hotel Terbaik Yang ada di Banyuwangi, Terupdate 2019

Lokasi Rowo Bayu

Tempat wisata Rowo Bayu berada di Kentangan Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Rute menuju Rowo Bayu dari kota Banyuwangi

Lokasi wisata memiliki jarak waktu tempuh 50 menit dari kota banyuwangi, dengan kondisi jalan yang sudah membaik kecuali saat tiba beberapa ratus meter di pintu gerbang anda akan menemui jalanan yang masih agak kurang bagu, bertanah dan berbatu.

Panduan utama nya adalah menemukan monumen puputan Bayu yang berada di pintu masuk desa bayu, dari sini langsung lurus saja dengan mengikuti jalan utama hingga melihat plank dengan tulisan “Situs Pertapaan Prabu Tawang Alun” yang berada di ujung desa

Wisata Rowo Bayu menjadi salah satu destinasi wisata melihat keindahan alam banyuwangi dan situs sejarah dari agama hindu yang pernah ada, bagi yang beragama hindu bisa juga langsung menjadi wisata religi untuk bersembahyang dan melihat keindahan pura yang ada disini.

Cek hotel terbaik yang ada di Banyungi, klik gambar

Aston Banyuwangi Hotel and Conference Center 2019

Baca artikel lainnya : Taman Nasional Alas Purwo, wisata melihat alam liar yang seru dan indah di Banyuwangi

Demikian ulasan mengenai Rowo Bayu, Wisata alam mengenal Situs Budaya di Banyuwangi , semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Rowo Bayu, Wisata alam mengenal Situs Budaya di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: