SHOPPING CART

close

Sejarah, Daya Tarik dan Tiket Masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Sejarah, Daya Tarik dan Tiket Masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Berada dalam areal kompleks hutan gunung Gede dan Gunung Pangrango di Jawa Barat, tempat wisata alam ini begitu di minati banyak orang sebagai tempat yang asyik untuk berekreasi bersama keluarga maupun teman menghabiskan hari libur. Kebun Raya Cibodas bisa menjadi tujuan wisata saat akhir pekan karena disini anda bisa melihat pemandangan alam indah, wisata edukasi dll, apa yang menarik di tempat wisata hits Cianjur ini, simak langsung sejarah, daya tarik dan tiket masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Wisata di Jawa Barat kali ini kami akan membawa anda menuju Kebun Raya Cibodas yang tepat berada di Cianjur. Berada di ketinggian 1.275 meter diatas permukaan laut menjadikan lokasi wisata yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah, teman traveler pun bisa hunting foto alam yang instagramable disini. Apa yang ada di sini ? hamparan rumput yang luas, aneka tumbuhan dari sering di temui sampai jenis langka, pohon -pohon besar yang berjejer sangat rapi sampai dengan kolam air mancur. Wisatawan yang datang kesini bisa merasa betah dan menghabiskan waktu berjam – jam disini. Kebun Raya Cibodas menjadi tempat wisata unggulan karena menyajikan suasana asri alam yang sangat luas dan tiket masuknya juga masih murah banget!

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Kapan mulai di dirikan kebun raya Cibodas ? Kebun raya di Cianjur ini sudah ada sejak lama banget guys mulai didirikan sejak 11/04/1852 masih pada masa kolonial Belanda oleh Johhanes Elias Teijsmann, sang kurator kebun raya bogor. Dulua nama kebun raya cibodas adalah Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas).

Tujuan awal di bangun Kebun Raya Cibodasa adalah sebagai pusat penelitian untuk jenis tumbuhan yang berasal dari luar negri yang berharga sangat tinggi, seperti pohon kina sebagai bahan rempah -rempah yang di gunakan di eropa dan berjalannya waktu kebun raya cibodas menjadi bagian dari kebun raya bogor

Mulai dari 2003, kebun raya cibodas di tetapkan sebagai unit pelaksana teknis balai konservasi flora kebun raya cibodas, lepas dari kebun raya bogor dan bergerak secara mandiri.

kebun raya Cibodas / Ig @dewsri99

Dengan luas kawasan wisata mencapai 80 Ha lebih, kebun raya cibodas memiliki lahan yang di penuhi oleh berbagai macam flora tumbuhan dan pohon -pohon besar dan langka, selain menjadi tempat rekreasi, kebun raya cibodas menjadi tempat edukasi untuk mengenal berbagai macam nama tumbuhan langka.

Kebun raya cibodas berada di jalan raya cibodas, cimacan Kecamatan Cipanas, kab. Cianjur Jawa Barat. Lokasi tidak begitu jauh dari ibukota Jakarta hanya 100 km dan dari kota bandung hanya 80 km. Bagi warga jakarta sendiri wisata alam kebun raya cibodas menjadi langganan tujuan wisata akhir pekan yang sering di kunjungi, suasana yang sejuk dan terkadang dingin adalah salah satu alasan utama mereka memilih kebun raya cibodas menjadi tempat wisata rekreasi keluarga yang serun dan nyaman. Namun jika akan berkunjung ke wisata alam cianjur ini , ada beberapa hal menarik yang bisa anda kunjungi dan menjadi favorit adalah sebagai berikut.

Baca : 10 Wisata Air Terjun Instagenic yang ada di Bogor, Jawa Barat Sebagai tempat menghilangkan Penat Anda

Daya Tarik wisata alam kebun raya Cibodas, jawa Barat

Begitu luasnya lahan kebun raya cibodas mencapai 84,99 Ha membuat para pengunjung pastinya akan menemukan banyak hal menarik yang bisa di lihat di sini, kami disini telah menyimpulkan beberapa spot menarik atau daya tarik yang membuat banyak pengunjung datang ke kebin raya cibodas antara lain adalah :

1.Taman Sakura

Daya tarik dari kebun raya cibodas adalah keindahan taman bunga Sakura, jadi ga perlu jauh -jauh ke negara Jepang lagi, ternyata tumbuhan Sakura pun bisa hidup di Indonesia tapi tentunya di daerah dingin seperti di kebun raya cibodas ini.

Waktu terbaik melihat bunga Sakura mekar disini ada adalah bulan january s/d February dan bulan juli s/d Agustus. Disini bunga Sakuranya bisa mekar 2 kali dalam setahun padahal di negeri aslinya Jepang hanya bisa sekali setahun saja. Kok bisa ya?

2.Air Terjun Cibeureum

Kebun raya Cibodas juga memiliki air terjun bernama Ciberureum, dengan melakukan pendakian menuju kaki gunung ged pangrango dan melewati banyak petunjuk jalan, teman traveler akan sampai di air terjun Cibeureum, air terjun ini terlihat sangat indah dengan ketinggian air nya mencapai 50 meter. selain itu anda juga menemukan air terjun lainnya seperti air terjun Cibogo dan air terjun Ciismun.

3.Rumah Kaca

Pengunjung juga bisa mengunjungi rumah kaca atau green house yang memiliki banyak jenis tanaman di dalamnya, tercatat ada 4000 an jenis tanaman dari ratusan jenis kaktus dan anggrek ada juga tanaman yang berjenis langka seperti bunga bangkai yang terkenal di sumatera.

4.Taman Rhododendron

Selain taman sakura yang penuh dengan bunga , kebun raya Cibodas juga memiliki taman dengan jenis bunga yang beraneka ragam bernama Taman Rhododendron, asal bunga – bunga ini juga dari beberapa negara seperti jepnag, china, eropa dll

Bunga – bunga cantik ini bernama Rhododendron atau di sebut juga Azela. terdapat 3 jenis Rhododendron di kebun raya cibodas yakni Rhododendron macgregoriae dari Papua, Rhododendron javanicum dari Jawa dan Rhododendron mucronatum dari Jepang

kebun raya Cibodas (KRC)

5.Taman Lumut

Disini anda juga bisa melihat taman yang tidak biasa yakni taman lumut yang menjadi taman terbesar di dunia dengan luas 1.300 m/segi, koleksi mencapai 235 jenis lumutyang di bagi menjadi 3 bagian lumut hati, lumut tanduk, lumut sejati.

6.Tanaman Paku

Tumbuhan paku disini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan terdapat 34 jenis tanaman paku yang unik dan indah untuk di lihat. Kegunaan utama dari tanaman paku adalah sebagai bahan pengobatan, makanan dll

7.Bunga Bangkai Rafflesia

Tidak perlu pergi ke Jambi untuk melihat bunga yang terkenal karena ukuran yang besar dan bau yang menyengat jika anda sedang beruntung anda bisa melihat langsung di kebun raya Cibodas. Bunga Rafflesia ini hanya mekar setiap 4 tahun sekali.

8.Araucaria Avenue

Menjadikan daya tarik sendiri, spot menarik untuk berfoto selfie.
Araucaria Avenue adalah merupakan jalan batu yang di buat sangat rapi dengan jarak lumayan dari wisma tamu hingga sampai ke kolam besar. berjalan disini kita kan melihat pohon Araucaria yang berusia ratusan tahun sejak tahun 1866.

9.Kolam dan Jalan Air

Terdapat kolam besar yang berisikan tanaman air dan di buat sejak 1.901 disini juga terdapat aliran air yang berasal dari sungai Cibogo dari kaki gunung Gede, air yang mengalir begitu jernih dan dingin. Anak -anak begitu menyenangi wahana bermain yang menyatu dengan alam seperti ini.

Cari hotel menarik di Bandung langsung klik gambar di bawah

Hotel Keluarga Bintang 5 Terbaik Di Bandung – Padma Hotel Bandung

Fasilitas pendukung yang dimiliki oleh kebun raya Cibodas antara lain

fasilitas lengkap yang mendukung dari tempat parkir yang luas, toilet, mushola, pusat informasi sampai dengan penjual makanan dan minuman. Disini juga terdapat perpustakaan dan gedung konservasi. Tersedia suttle yang lalulalang berupa bus mini bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan karena kelelahan dan akomodasi penginapan.

Kebun raya Cibodas (KRC) / IG @julianidewi98

Baca : 10 Tempat Wisata Populer dan Hits Yang ada di Ciwidey Jawa Barat, update 2019

Harga tiket di Kebun Raya Cibodas, Cianjur Jawa Barat

Wisata alam kebun raya Cibodas ini masih memiliki tiket masuk yang tidak berubah dari dulu masih sangat terjangkau yakni Rp.16.500/orang dengan detail sebagai berikut

  • Tiket masuk >> Rp.16.500
  • Parkir mobil >> Rp.16.000
  • Parkir motor >> Rp.5.000

Kebun Raya Cibodas memang wisata rekreasi keluarga dan edukasi yang sangat baik untuk anak -anak , jam buka dari jam 08.00 – 17.00, jika mau kesini sebaiknya pada pagi hari sekalian menikmati keindahan alam dan sejuk nya udara disini, jangan lupa membawa bekal kan sekalian bisa tamasya sambil gelar tikar dan menikmati pemandangan hijau.

Baca artikel lainnya : Objek Wisata Menarik dan Keren Cukang Taneuh Jawa Barat

Demikian ulasan mengenai Sejarah, Daya Tarik dan Tiket Masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

You May also Like

No result data

0 thoughts on “Sejarah, Daya Tarik dan Tiket Masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: