SHOPPING CART

close

Sistim Kerja & Tugas Pokok Dari Seorang Front Office Departement di Hotel

Sistim Kerja & Tugas Pokok Dari Seorang Front Office Departement di Hotel

Menjadi seorang front liner adalah tugas yang sangat menyenangkan dimana anda sebagai sebagai orang terdepan di hotel menjadi faktor utama dalam memperkenalkan informasi baik dari dalam hotel sendiri dan luar hotel juga. Menjadi seorang receptiont di Front Office Departement di Hotel baiknya memiliki pengetahuan yang luas terutama tentang sistim kerja & tugas pokok dari Seorang Front Office Departement di Hotel.

Berikut adalah Sistim Kerja & Tugas Pokok Dari Seorang Front Office Departement di Hotel

*Sistim Kerja di Front Office Departement di Hotel

Secara umumnya di kenal ada 3 sistim kerja pengoperasional di Fornt Office yakni

  1. Sistim Manual

Sistim ini walaupun sudah jarang di gunakan merupakan proses kerja yang di lakukan secara manual meliputi pencatatan dalam buku dan opersional alat kerja di lakukan secara manual.

  1. Semi Otomatis

Penggunaan alat kerja dilakukan secara campuran yakni sebagian dilakukan secara manual dan sebagian dilakukan dengan sistim komputerisasi, sistim ini banyak di gunakan oleh banya hotel berbintang ya walaupun sekarang sudah jaman online namun kegiatan manual seperti pencatatan dalam buku masih di lakukan jika terjadi sistim onlin error maka hotel masih memiliki backup secara manual.

  1. Secara otomatis dengan Komputerisasi

Semua kegiatan sudah di ambil alih ke dalam komputerisasi dari tamu register, pengisian kamar, sampai dengan operasional dalam scheduling staff, memang sangat lebih praktis dan mengehemat banyak waktu. Sistim otomatis dengan Komputerisasi sering dipakai hotel berbintang 4 – 5 karena memiliki begitu banyak kamar dan tingkat kunjungan yang ramai juga sehingga memerlukan opersional yang cepat dan praktis.

Sistim pelatihan kepada staff diperlukan untuk mendukung operasional yang dilakukan secara otomatis dan di lakukan secara berkala agar tidak terjadi human error.

Setelah ita mengetahui sistim kerja di front office, tak kalah pentingnya seorang front liner juga mengetahui apa yang menjadi tugas pokoknya dalam berkerja di hotel. Berikut adalah tugas pokok dari seorang receptiont

Baca : Berkunjung ke Situs Warisan Alam Indonesia di Geopark Ciletuh Sukabumi – Wisata alam yang Terdapat di Dalamnya

*Tugas Pokok Front Office Departement ( Receptiont)

  1. Menjual Kamar

Tugas utama dari seorang reception (front Ofiice) adalah menjual /sales, apa yang di jual ? tentunya menjual kamar sebanyak – banyaknya untuk meningkat keuntungan dari operasional, menjual kamar di lakukan buat para tamu yang datang langsung ke hotel (walk in) atau melalui telpon dll. Seorang reception (front Ofiice) harus memiliki taktik dan strategi untuk memaksimalkan pendapatan dengan mengoptimalkan harga kamar disesuaikan dengan kondisi pasar permintaan waktu itu, istilah ini sering di namakan up selling.

Bagaimana cara menentukan harga kamar hotel ?

Dalam pembuatan harga kamar adalah memaksimalkan tingkat keuntungan dengan mengetahui harga dasar kamar terlebih dahulu kemudian memberikan nilai tertinggi kepada tamu dengan melihat kondisi persaingan harga saat itu.

Hal yang perlu di perhatikan saat menentukan harga kamar adalah

  • Selalu mengontrol harga kamar (room rate) dan sisa kamar yang tersedia (room available)
  • Cari peluang penjualan pada masa saat sepi permintaan(low demand)
  • Manfastkan situasi pada saat banyak permintaan (high demand)
  • Peka akan permintaan – permintaan (high demand tactics)
  • Tindak lanjuti dengan konsistensi yang tinggi

2. Pusat koodinasi semua pelayanan terhadapa tamu

Reception (front Ofiice) adalah pusat dari perantara pelayanan kepada tamu yang tinggal di hotel, biasanya tamu akan mengkontak reception mengenai keinginannya saat tinggal kemudian pihak reception (front Ofiice) akan menghubungi departemen lain untuk membantu menyampaikan keinganan dari tamu tersebut.

  1. Pusat Informasi

Tusag pokok lainnya dari reception (front Ofiice) adalah sebagai pusat informasi, memahami informasi dari hotel dan luar hotel adalah wajib di ketahui dari fasilitas, jam breakfast, informasi wisata di luar hotel dll.

Apa yang sedang happening sekarang wajib di informasi kan ke para tamunya sebagai bentuk pelayanan hotel untuk memberikan perhatian dan bahan refrensi mereka juga.

  1. Pencatatan

Kegiatan intern dalam FO departemen wajib juga di lakukan seperti

  • Tingkat hunian (accupancy rate)
  • Rata -rata harga kamar terjual (average room rate)
  • Perkiraan tingkat hunian (Accupancy forecast)
  • Jumlah harga khusus kamar yang terjual (discount rate)
  • Jumlah tamu yang tidak datang (No Show)
  • Rata -rata tamu tinggal (average length of stay)
  • Nama tamu penting di hotel (VIP guest)
  • Jumlah tamu kedatangan (Arrival Guest)
  • Jumlah tamu check-out perhari ini ( Expected Departure Guest)

Lihat hotel terbaik di puncak, Yuk! (klik gambar di bawah)

10 Hotel Terbaik dan Populer di Puncak Jawa Barat Buat Liburan Keluarga

5. Pembayaran

Reception (front Ofiice) mampu menyelesaikan setiap pembayaran yang di lakukan tamu selama tinggal dan akan check out

  1. Open 24 jam

Hotel berbintang selalu menyediakan operasional di front Office (FO) departemen buka selama 24 jam, staff front liner akan selalu bertugas di depan untuk menyambut tamu selama itu dan tentunya akan terbagi menjadi 3 shift kerja dimana setiap shiftnya bekerja selama 8 jam.

Baca artikel lainnya : 5 Hotel Keluarga Di Puncak Bogor Dengan Review Baik dan Harga Murah – Cek Langsung Di sini

Demikian ulasan mengenai sistim kerja & tugas pokok dari seorang front office Departement di Hotel, semoga selalu bermanfaat ya. Menjadi seorang front liner di hotel itu adalah hal yang menyenangkan. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Sistim Kerja & Tugas Pokok Dari Seorang Front Office Departement di Hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: