Sumur Angguk Peninggalan Kolonial Belanda Desa Nglobo & Semanggi

Samin traveller kali ini ingin memperkenalkan salah satu destinasi wisata alam di Blora yang cukup menarik, ialah Sumur Angguk Peninggalan Kolonial Belanda Desa Nglobo & Semanggi , Kecamatan Jepon.

Sumur angguk di kedua desa tersebut hingga ketika ini masih beroperasi untuk mengambil minyak. Sumur angguk memang mempunyai kekhasan sendiri, selain mengeluarkan suara nyaring, bentuknya juga unik.

Lokasi sumur angguk ada di sebelah selatan kota blora. Untuk menuju ke sana, kita dapat memakai sepeda motor atau kendaraan roda empat. Dari sentra Kota Blora menuju selatan, menyusuri jalan arah ke arah Randublatung, tak berapa usang akan menjumpai pos investigasi hasil hutan dan lalu belok kiri, sekitar 4 km.

Anda dari kejauhan sudah dapat melihat sumur angguk yang dituju. Tak perlu tergesa- gesa untuk hingga ketujuan, nikmati saja sejauh mata memandang melihat hamparan hutan jati yang hijau kekuning-kuningan selama perjalanan sebelum hingga di area sumur angguk.

Dengan melihat sumur angguk, seakan teringat acara pengeboran minyak di kawasan ini pada jaman Kolonial Belanda, lantaran hingga ketika ini sumur angguk itu masih berproduksi, tegak bangun dan berbunyi sepanjang masa.

Di kanan kiri masih ada menara pengeboran, sehingga nuansa sebagai kawasan pengeboran minyak sungguh masih terasa. Setelah puas menikmati sumur angguk di Semanggi, tak lupa untuk melihat juga sumur angguk di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken yang masih satu jalur transportasinya dengan sumur angguk di Semanggi.

 

Baca artikel lainnya : 

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo yogyakarta Sedang hits

 

Di Desa Nglobo, bahkan sumur angguknya persis berada di tengah-tengah permukiman, lebih lengkap lantaran ada juga beberapa kilang minyak modern.

Melihat Sumur Angguk Peninggalan Kolonial Belanda Di Semanggi Dan Nglobo dapat menjadi pilihan yang sempurna bagi anda yang bahagia melaksanakan perjalanan wisata alam di blora.