SHOPPING CART

close

Sungai Citarum Dilihat Dari Ketinggian, Begini Rupanya

Booking.com

Spot menikmati pemandangan Sungai Citarum dari ketinggian (Wisma Putra/detikTravel)

Jakarta – Sungai Citarum di Jawa Barat cukup menawan ketika dilihat dari ketinggian. Spot menikmati Citarum dari ketinggian ini ada di Bandung Barat.

Sungai Citarum yang hulunya di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung itu, membentang dan melintasi wilayah Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat hingga terus turun ke Purwakarta dan berujung di Karawang. Sungai ini mengitari barisan pegunungan yang ada di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat.

Pemandangan sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat tersebut terlihat terperinci dari atas puncak gunung yang pernah menjadi venue gantole pada PON XIX 2016 Jabar. Lokasinya di Kampung Lintang Panggung, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

 

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)

Sepintas jikalau kita melihat dari puncak gunung Lintang Panggung ini, pemandangan Sungai Citarum bagai danau hasil letusan gunung berapi, airnya terlihat tenang. Tidak usang lagi anutan sungai tersebut akan melintasi PLTA Saguling, Bandung Barat.

“Itu Sungai Citarum alirannya dari Kabupaten Bandung mengarah ke PLTA Saguling Bandung Barat,” ujar Andri warga sekitar, Kamis (4/1) kemarin.

 

Baca artikel lainnya : 

Objek Wisata Gedong Ketya Buleleng Bali – Perpusatakaan Satu-Satunya Di Dunia

Saat  berkunjung pekan lalu, Sungai Citarum nampak dipenuhi oleh flora eceng gondok. Selain itu banyak keramba apung ikan yang berada di anutan sungainya dan terdapat banyak rakit serta perahu.

Jika dari ketinggian, pemandangan itu akan terlihat indah. Namun jikalau dilihat dari bersahabat tampak banyak sampah di anutan sungainya.

 

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)

“Kalau dilihat dari atas pemandangan yang terlihat bagus, ada rakit, bahtera dan keramba apung ikan. Tapi kalau dari dekat, tahu sendiri Sungai Citarum kotor alasannya banyak sampah,” ungkapnya.

Nah, dari objek wisata di puncak gunung ini, pemandangan Gunung Geger Pulus dengan lanskap Sungai Citarum memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan berkunjung. Yang berwisata ke daerah ini mereka yang ingin mengisi liburan lebih bersahabat dengan alam.

 

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)

Sementara itu salah satu pedagang kudapan di objek wisata itu, Aan (50) mengatakan, jikalau ingin melihat gemerlap lampu di ketinggian pula, baiknya berkunjung sore menjelang malam.

“Kalau malam gemerlap lampu yang ada di wilayah Bandung Raya akan terlihat indah. Apalagi jikalau melihat ke arah Sungai Citarum cahaya lampu dari keramba apung ikan pun terlihat jelas,” pungkasnya.

 

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)

 



Booking.com

Tags:
Share