Objek Wisata Taman Nasinal Bali Barat ( Tnbb ) – Wisata Populer di Jembrana

 

Di Pulau Bali ada tempat wisata menarik yang sanggup dikunjugi siapa saja, terebih bersama keluarga tentunya akan sangat menyenangkan. Bagi pembaca yang menyukai wisata alam, direkomendasikan berwisatalah ke Objek Wisata Taman Nasinal Bali Barat ( Tnbb ) – Wisata Populer di Jembrana atau biasa disebut “West Bali National Park”. Taman nasional ini mempunyai luas kurang lebih sekitar 77.162,5 hektar.
Taman Nasional Bali Barat mempunyai jenis ekosistem yang unik untuk Kalian lihat, yaitu perpaduan antara ekosistem darat dan ekosistem laut. Di kawasannya para wisatawan diperkenankan untuk menjelajahi ekosistem daratan ( hutan ), mulai dari hutan musim, hutan hujan dataran rendah, savana, sampai hutan pantai.
Selanjutnya pada ekosistem perairan ( bahari ), sanggup menyaksikan hijaunya hutan mangrove, keelokan pantai, ekosistem coral, padang lamun, serta perairan bahari dangkal dan keindahan alam bawah bahari yang mempesona. Pada dikala memasuki daerah hutan, maka akan didapati sekitar 175 jenis tumbuhan.
Yang mana diantara 14 jenis terbilang langka, mulai dari bayur ( pterospermum diversifolium ), ketangi ( lagerstroemia speciosa ), burahol ( steleochocarpus burahol ), cendana ( santalum album), sonokeling ( dalbergia latifolia ), dan lain sebagainya. Sementara tumbuhan yang khas yakni sawo kecik ( manilkara kooki )  dan lontar ( Borrassus Flellifer ) membentuk hutan murni.
Menariknya para wisatawan yang tiba sanggup melihat eksklusif aneka jenis satwa yang hidup dengan bebasnya TNBB ini. Jenis satwa tersebut ialah burung jalak Bali ( leucopsar rothschildi ), burung ibis putih kepala hitam ( threskiornis melanocephalus ), kijang ( muntiacus muntjak ), kucing liar ( felis bengalensis ), banteng ( bos javanicus ), trenggiling ( manis javanicus ), landak ( hystric brachyura ),  kancil ( tragulus javanicus ) dan masih banyak lagi burung serta reptilnya.
Untuk  jenis fauna yang populer di daerah perairannya ialah ikan hiu ( carcharodon carcharias ), ikan bendera ( plateak pinnatus ) dan juga kima raksasa ( tridacna gigas ). Alam bawah lautnya menyimpan banyak sekali jenis terumbu karang yang bervariasi, ditahun 1998 dilakukan pendataan yang tercatat 110 spesies karang dalam 18 familia, termasuk 22 jenis di antaranya spesies karang jamur ( mushroom coral ).
Berlibur di TNBB tak hanya melaksanakan acara tersebut saja, namun anda sanggup juga menjelajahi pulau-pulau kecil yang masih didalam daerah TNBB. Pulau-pulau kecil tersebut tak lain yakni Pulau Menjangan, Pulau Gadung dan Pulau kalong. Diantara pulau-pulau tersebut yang paling favorit ialah Pulau Menjangan yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.
Pulau ini mempunyai luas sekitar 6.000 hektar, dengan dihuni oleh habitat menjangan atau rusa ( cervus timorensi ). Di areal daerah Pulau Menjangan juga ada spot untuk melaksanakan kegiatan penyelaman atau snokerling, yang mana akan banyak dilihat deretan karang yang indah dan banyak sekali biota bahari yang bermacam-macam jenisnya.
Jika sudah puas menikmati segala keeksotisan alamnya, wisatamu sanggup dilanjutkan dengan mengunjungi Makam Mbah Temon ( petilasan yang ditemukan oleh sesepuh masyarakat yang berjulukan Mat Yamin pada tahun 1954 ). Makam tersebut dinamai dengan sebutan Mbah Temon alasannya yakni lokasi makam atau petilasan tersebut gres ditemukan yang melewati cara semedi  oleh Mat Yamin.
Selain itu juga masih ada petilasan lainnya yang melegenda yakni Makam I Wayan Jayaprana ( seorang cowok tampan yang dalam Babad Bali dikisahkan telah dibunuh oleh Patih Sawunggaling utusan Raja Kalianget ). Hal ini dilakukan alasannya yakni Raja Kalianget menginginkan istri I Wayan Jayaprana yang bagus jelita yang berjulukan Ni Nyoman Layonsari.
Kawasan Taman Nasional Bali Barat ( TNBB ) membentang luas di dua kabupaten diantaranya yakni Kecamatan Melaya ( Kabupaten Jembrana ) dan Kecamatan Gerokgak ( Kabupaten Buleleng ), Provinsi Bali, Indonesia. Untuk menjangkau obyek wisata ini tentunya sangat gampang baik dari Kota Denpasar maupun dari Pelabuhan Gilimanuk.
Oh iya Guys, guna mempermudah perjalananmu ada dua jalan alternatif alternatif, dimana apabila memulai perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk, maka anda sanggup mengunjungi Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat yang berada di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, berjarak tempuh sekitar 200 km dari Kota Denpasar.
Jalan alternatif kedua sanggup berangkat dari arah Kota Denpasar ( khusus bagi wisatawan yang ingin berkunjung kei Pulau Menjangan ) alangkah dimulai dari Teluk Labuhan Lalang. Dari dermaga inilah anda  dapat menuju ke Pulau Menjangan dengan gampang dan tak kecuali pulau-pulau kecil lainnya.
 
Taman Nasional Bali Barat ( TNBB ) mempunyai beraneka ragam fasilitas dan fasilitas yang memadai, menyerupai halnya pemandu wisata ( guide ), pondok jaga, pondok wisata ( gazebo ), menara pandang, jalan setapak, jasa penyewaan alat selam, kapal speed boat, dan masih banyak lainnya.
Tiket masuk untuk berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat yakni :
Rp 2.500,00 / orang ( WNI ).
Rp 20.000,00 /  abnormal ( WNA ).
Taman Nasional Bali Barat merupakan sebuah daerah yang dilindungi oleh pemerintah setempat, maka dari itu tak semua pengunjung sanggup memasukinya. Jika ingin berkunjung harus menerima ijin dari pengawas setempat atau diloket pembayaran tiket masuk. Di daerah Taman Nasional Bali Barat terbagi menjadi 3 buah zona berbeda, yakni :
  • Zona 1

 

Merupakan daerah yang ddilarang keras dimasuki oleh pengunjung, hal tersebut dikarenakan adanya pemanfaatan sebagai tempat penelitian dan pengembangan.
  • Zona 2

 

Disebut-sebut sebagai zona rimba yang mana pemanfaatannya persis menyerupai penunjang zona inti, namun di daerah zona ini para wisatawan masih diperbolehkan untuk mengeksplornya.
  • Zona 3

 

Dimana zona pemanfaatan intensif, yang pemanfaatannya diarahkan untuk kepentingan budaya dan wisata. Didalam zona ini termasuk Pulau Menjangan, Teluk Terima, Prapat Agung, Bakungan, dan Klatakan.
Demikian ulasan mengenai Objek Wisata Taman Nasinal Bali Barat ( Tnbb ) – Wisata Populer di Jembrana