SHOPPING CART

close

Taman Nasional Alas Purwo, wisata melihat alam liar yang seru dan indah di Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo, wisata melihat alam liar yang seru dan indah di Banyuwangi

Salah satu tempat wisata yang terkenal dan memiliki banyak sekali spot wisata yang bisa kita kunjungi adalah Taman Nasional Alas Purwo yang berada di Kabupaten Banyuwangi guys, Wisata alam liar akan membawa kita untuk melihat kehidupan hewan, pepohonan, pantai yang indah dan savana layaknya di afrika, simak langsung Taman Nasional Alas Purwo, wisata melihat alam liar yang seru dan indah di Banyuwangi

Banyuwangi terletak di ujung timur dari pulau Jawa merupakan tempat transitnya para wisatawan lokal yang ingin ke Bali, namun di Banyuwangi tidak kalah dengan Bali lo, daerah ini memndapatkan julukan sunrise of Java, di mana terdapat banyak sekali tempat wisata alam yang indah dan spektakuler seperti Taman Nasional Alas Purwo

Baca : Aston Banyuwangi Hotel and Conference Center, Hotel modern dekat kota Banyuwangi

Tentang Taman Nasional Alas Purwo

Taman wisata ini yang satu ini berada di kabupaten Banyuwangi tepatnya di Kebalen dengan luas wilayah mencapai 434.20 hektare. Wilayah Taman Nasional alas purwo mencakup hutan, savana, pantai dan masih banyak lagi. Banyak orang yang bilang kalau tempat wisata menyimpan cerita mistis tapi tentunya bagi anda yang berjiwa eksplore akan menjadi lebih menarik lagi bukan bahkan sangat aman kok untuk berwisata keluarga ke taman nasional alas purwo banyuwangi ini.

Di klaim dengan hutan nya yang memiliki umur tertua di jawa, Taman Nasional alas Purwo ini memnyimpan banyak sekali cerita mitos dimana penamaan alas purwo sendiri berarti hutan yang pertama dan di percaya sebagai hutan yang angker, banyak orang yang melakukan pertapaan di sini dan konon hutan ini merupakan tempat pelarian dari rakyat majapahit jaman dahulu dari penyebaran agama islam.

Namun itu hanya cerita saja guys boleh percaya boleh tidak, sebagai tempat wisata alas purwo menyimpan banyak sekali tempat menarik untuk ti dkunjungi juga guys, hutan hujan alami ini memiliki 580 jenis flora dan 50 jenis founa yang menyebar di selurah hutan.

Terbagi menjadi 4 macam zona yakni zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga, beberpa hewan yang bisa anda lihat di sini antara lain , banteng, kijang, babi hutan, macan tutul, lutung , kera bau -abu, biawak dll. Untuk tanaman yang bisa anda lihat antara lain : sawo kecik, bumbu manggong, ketapang, rumput, herba, semak, liana, kepuh dll
Di alas purwo juga hidup berbagai macam burung seperti ayam hutan, kangkareng, merak, cekakak jawa, kurang lebih terdapat 236 jenis burung darat dan air di sini

Untuk bisa melihat migrasi burung waktu terbaik untuk mengujungi alas purwo adalha antara oktober ke desember guys dan januari – sepetember terdapat juga pendaratan penyu di sini. Waktu terbaik untuk datang adalah saat pagi hari dimana banyak hewan yang bisa kita lihat nantinya.

Tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

  Hutan Bambu

Menjadi spot foto selfie yang keren tentunya jika bisa kesini, hutan bambu disini tumbuh secara alami dan udara di sekitarnya sangat sejuk dan hawa di sini juga sangat mistik guys, tidak terdapat pos penjagaan di sini.

Saking rindangnya bambu – bambu yang ada di sini membuat kita harus berhati – hati saat berjalan di sini ya. Jika anda ingin ke gua Istana harus melewati hutan bambu ini guys.

Booking.com
  • Pantai Plengkung

Taman Nasional Alas purwo terdapat beberapa pantai yang indah dan cantik, salah satunya adalah pantai Plengkung, pantai memiliki karakterisktik ombak yang besar sehingga sangat di gemari oleh para peselancar luar negri. Pantai ini di kenal nama lainnya yakni G land, memiliki ombak tinggi dan kecepatan yang tinggin juga.

Ombak di pantai ini sangat tinggi, menggulung dengan sempurna anda yang baru belajar surfing di harapkan berhati -hati saat bermain surfing di pantai Plengkung ya

  • Pantai Pancur

Pantai pancur adalah spot terakhir bagi anda yang ingin ke Pantai Plengkung (G Land) pantai ini sangat indah memiliki lairan sungai air tawar yang langsung menuju laut menyerupai air pancuran kecil. Pantai ini memiliki muara air tawar yang di percaya memiliki kasiat untuk awet muda.

Di sekitar lokasi pantai pancur terdapat area untuk berkemah dan banyak pengnjung juga mendirikan tenda di sini. Sangat aman dan cocok untuk kesini bersama keluarga.

  • Pantai Ngagelan

Mau melihat lucunya penyu di banyuwangi maka anda harus mengujungi pantai Naggelan. Pantai ini memiliki pasir dengan warna hitam sangat berbeda dengan pantai lainnya di Alas Purwo namun pantai ini menjadi wilyah konservasi dari hewan langka Penyu.

Panorama alam di pantai Ngagelan juga sangat asri dan indah guys, jika nad beruntung bisa melihat anak -anak penyu yang baru menetas keluar dari pasir langsung menuju laut lepas.

  • Hutan Mangrove Bedul

Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki hutan mangwrove yang rindang dan indah, berkunjung kesini anda bisa menaiki perahu untuk berkeliling melihat hewan – hewan yang ada di hutan mangrove bedul, berfoto di spot mangrove juga tak kalah indahnya dengan tempat lain di alas purwo.

  • Pura Luhur Giri Selaka

Disini terdapat sebuah pura suci agama Hindu, biasanya umat hindu akan datang untuk bersembahyang di hari – hari raya mereka seperti pagerwesi, galungan dan kuningan.

Anda yang datang kesini wajib untuk menghormati aturan dan adat yang telah berlaku ya.

  • Gua Istana

Di Alas Purwo terdapat 3 gua yaitu gua istana, gua Mayangkoro dan Gua Padepokan. Gua Istana adalah gua yang bisa di kunjungi lokasinya sangat dekat dengan pantai pancur dan 2 gua sisanya di percaya sangat keramat dan harus berhati -hati jika ingin kesana, gua Mayangkoro dan Padepokan sering di gunakan orang untuk melakukan semedi.

Lokasi dan alamat Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
Alamat: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416

Jam buka : 07.30 am – 16.00
Phone : 0333. 428675
Tiket masuk : Lokal Rp. 5.000 (kendaraan mobil kena biaya parkir Rp.10.000)

Taman Nasional ALas Purwo menjadi sebuah tujuan wisata dengan menampilkan alam yang indah, kegiatan seru selam di sini adalah berkemah. bercelancar, melihat flora dan fauna dan rekreasi bersama teman atau keluarga

Baca artikel lainnya : Tempat Wisata Instagramable kekinian di Samudra Selfie & Resto di Banyuwangi

Demikian ulasan mengenai Taman Nasional Alas Purwo, wisata melihat alam liar yang seru dan indah di Banyuwangi, semoga bermanfaat selalu. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Taman Nasional Alas Purwo, wisata melihat alam liar yang seru dan indah di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share