Menyaksikan Sunsrise di Lembah Sindoro Posong Temanggung Jawa Tengah

Booking.com

 

foto:https://travelingyuk.com

Satu lagi tempat wisata alam di temanggung yang menghubungkan antara temnggung dan wonosobo, hal menari dari tempat wisata ini adalah tampilan lereng gunung Sumbing dan Gunung Sindoro secara berbarengan , menyaksikan Sunsrise di Lembah Sindoro Posong Temanggung Jawa Tengah adalah satu hal menarik yang di tawarkan

Tempat Wisata Alam Lembah Posong terletak atau ber alamat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Merupakan objek wisata yang dipelopori masyarakat sekitar semenjak awal 2011 dan diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Daya tarik utama tempat ini yakni pemandangan alam dan keindahan matahari terbit (sunrise).

Situs Wisata Alam Lembah Posong terletak di lereng Gunung Sindoro yang letaknya tidaklah jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Temanggung dengan kota Wonosobo. Petunjuk nama ke tempat ini cukup langka dan ukurannya cukup kecil untuk berhati-hati dalam membaca informasi di pinggir jalan. Pemerintah daerah sepertinya tidak melaksanakan intervensi untuk mengelola daerah wisata ini dan dilaporkan ketika ini dikelola oleh masyarakat sekitar.
foto:https://www.bajalanan.com
Jalan masuk ke Lembah Wisata Alam yakni jalur kerikil yang telah disusun dan dipadatkan dengan rapi. Lebar jalan cukup sempit dan hanya sanggup dilalui kendaraan roda empat. Jika kendaraan roda empat bertemu dengan solusi dua arah, seseorang harus menyerah dan menemukan tempat yang sedikit longgar untuk dilewati. Jika Anda tidak terbiasa mengemudikan kendaraan roda empat di tempat sempit sebaiknya hanya membawa kendaraan roda dua.

Sesuai arah board menuju Wisata Alam Lembah Posong, kendaraan yang kita kendarai menuju jalan sempit antara rumah-rumah. Beberapa ratus meter, Restribuusi Biaya masuk ini dikelola oleh masyarakat sekitar yang mengelola daerah Wisata Alam Lembah Posong. Masyarakat sekitar yang bekerja dan mengelola daerah ini tergabung sebagai kelompok sadar pariwisata desa Posong.

Cek Lokasi Via GOOGLE MAP
Atraksi wisata Alam Lembah Posong disamping pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yakni ‘watu mlongso’ yang merupakan gugusan sungai mati letusan Gunung Sindoro dan ‘watu kelir’.
Perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan berbatu yang dipadatkan dengan medan yang sedikit menanjak sejauh 3,5 kilometer. Medan jalan cukup berliku dan banyak persimpangan jalan. Kondisi jalan terkadang terasa licin ketika berair akhir hujan atau embun akhir kabut gunung. Di sisi kanan jalan ada selokan kecil yang kadang tertutup rumput. Diharapkan pengunjung selalu berhati-hati dan memperhatikan arah board ke Tempat wisata lembah Posong.
Pemandangan yang terlihat ketika berwisata ke daerah wisata Alam Posong ini menarik dan tidak membosankan. Pengunjung akan terhibur dengan pemandangan perkebunan perkebunan yang luas dengan teras yang terlihat apik. Tidak ada bangunan rumah di sepanjang jalan menciptakan suasananya terlihat alami dan terasa di alam bebas. Beberapa perkebunan dan flora pertanian di Lembah Posong ditanam oleh masyarakat setempat ibarat kopi, cengkeh, tembakau dan sayuran.
Fasilitas pendukung Wisata Alam Lembah Posong antara lain:
– Masjid
– Restaurant
– Area Parkir
– Gazebo
– Penginapan
 Demikian ulasan mengenai Menyaksikan Sunsrise di Lembah Sindoro Posong Temanggung Jawa Tengah , semoga bermanfaat ya