SHOPPING CART

close

Tempat Wisata Warisan Dunia Candi Borobudur di Magelang – Sejarah, Lokasi, harga tiket masuk terbaru

Menjadi salah satu candi yang terbesar dan termegah di asia tenggara, candi borobudur adalah ikon wisata Indonesia yang sangat di segani, begitu banyak wisatawan yang ingin melihat kemegahan dari candi yang di bangun pada abad ke 8 masehi ini. Simak Tempat Wisata Warisan Dunia Candi Borobudur - Sejarah, Lokasi, harga tiket masuk terbaru
Tempat Wisata Warisan Dunia Candi Borobudur di Magelang – Sejarah, Lokasi, harga tiket masuk terbaru

Menjadi salah satu candi yang terbesar dan termegah di asia tenggara, candi borobudur adalah ikon wisata Indonesia yang sangat di segani, begitu banyak wisatawan yang ingin melihat kemegahan dari candi yang di bangun pada abad ke 8 masehi ini. Simak Tempat Wisata Warisan Dunia Candi Borobudur – Sejarah, Lokasi, harga tiket masuk terbaru

Menjadi situs warisan dunia dari Unesco, Candi Borobudur adalah kebanggaan bagi bangsa Indonesia, entah bagaimana orang jaman dahulu kala membangun candi sebesar dan semegah ini guys. Candi Borobudur adalah wisata keluarga terbaik saat berkunjung ke Magelang, di sini kita bisa mengenalkan tentang sejarah bangsa ini saat jaman kerajaan dahulu kala. Arsitektur dari Candi borobudur memang sudah mengalamai banyak revitalisasi namun ada sebagian bangunan yang masih terlihat asli dengan ukiran – ukiran tentang kisah pewayangan jaman dahulu.

Dalam tulisan ini kami akan mengajak anda lebih dalam untuk mengenal salah satu 7 keajaiban dunia selain Pulau Komodo yang ada di Flores yakni Candi peninggalan dari agama Budha, Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur

Sejarah mengenai awal mula berdirinya candi Borobudur sendiri ditulis dalam buku sejarah Pulau Jawa oleh Sir Thomas Raffles terjadi pada abad ke 8 saat itu merupakan masa kekuasaan dari wangsa Syailendra. Untuk siapa yang mendirikan sendiri masih berupa sebuah misteri yang belum terpecahkan dan bertujuan untuk apa di bangunnya candi ini masih juga merupakan tanda tanya dari banyak kalangan.

Untuk mengetahui waktu pembangunan dari candi Borobudur terlihat dari jenis tulisan aksara yang berada dalam kaki tertutup karmawibhangga, jenis aksara ini digunakan pada kerajaan abad ke 8 dan abda ke 9, sehingga dapat di tafsirkan bahwa candi terbesar di dunia ini dibangun pada masa kerajaan dinsati Syailendra jawa tengah dalam kurun waktu 760 masehi s/d 830 masehi.

Begitu lamanya pembangunan dari candi ini mencapai 100 tahun lebih, diprediksi candi borobudur ini selesai dibangun 100% di masa pemerintah dari Raja Samaratungga di tahun 825 masehi.

Banyak kalangan yang bertanya mengenai siapa yang mendirikan candi Borobudur ?

Tempat Wisata Dunia Candi Borobudur / IG @rastavastii

Candi Borobudur sebenarnya peninggalan agama apa ?

Walaupun belum sangat clear namun kesimpulan bertuju pada candi Borobudur berada pada saat masa pemerintahan dinasti / wangsa Syailendra

Dan Masyarakat Syalendra memiliki kepercayaan dengan agama budha yang sangat kental, namun ada juga temuan dari prasasti Sojomerto yang memberikan bukti lain bahwa mereka adalah penganut agama hindu siwa. Banyak sekali di temukan candi hindu dan budha di kawasan dataran kedu. Kawasan Borobudur juga ditemukan cansi suci Shiwalingga yang merupakan candi hindu.

Berdasarkan kesepakatan kemudian Candi Borobudur menjadi peninggalan dari agaman budha karena lebih rampung dahulu di bandingkan candi -candi yan berada di kawasan Objek wisata candi Prambanan.

Baca : Villa Mewah Dekat Candi Borobudur Jogja – Villa Borobudur Resort

Penemuan Candi Borobudur

Sejarah dari candi Borobudur di Magelang pernah hilang yang kemudian di temukan kembali.

Maksudnya hilang gimana ?

Karena bencana alam gunung meletus Candi Borobudur pernah terkubur selama berabad – abad dalam tanah dan debu vulkanik kemudian di tumbuhi tanaman, semak belukar dan pepohonan.

Sejara mengatakan pada masa perintahan Mpu Sindok, Candi Borobudur dibiarkan tidak terawat karena gempa dan gunung meletus sehingga sang raja memindahkan ibu kota kerajaan Medang ke area jawa Timur.

Pada Abad ke 15 , mulai masuk kerajaan Islam dan membuat Candi Borobudur semakin dilupakan. kemudian setelah berabad – abad berlalu, pada tahun 1814, Candi Borobudur kembali di temukan dimana saat itu kita sudah dijajah oleh kolonial Belanda masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles.

Sang Gubernur sangat tertarik dengan budaya Jawa dan sejarahnya, dengan mendengar bahwa ada monumen raksasa di hutan dekat desa Bumisegoro. Sang Gubernur pun mengutus Cornelius sang insinyur Belanda untuk menginvestigasikannya.

Dengan 200 pasukannya mereka pun pergi kehutan dan menebangnya hingga menemukan Candi Borobudur kemudian memberitahukan kepada Raffles mengenai penemuan ini.

Thomas Stamford Raffles di anggap berjasa karena menemukan dan memperkenalkan Candi Borobudur kepada dunia. Sempat terjadi pencurian mengenai artefak candi ini karena bernilai sangat mahal dan ingin memindahkan candi ini kedalam sebuah museum, namun atas saran dari Groenveldt menyarankan untuk membiarkan bangunan candi tetap pada tempatnya.

Penampakan dari atas Candi Borobudur

Revitalisasi Candi Borobudur

Proses revitalisasi tentang candi warisan dunia Candi Borobudur di Magelang terjadi berulang -ulang kali tujuan nya adalah demi kelangsungan dari kondisi Candi Borobudur sendiri.

Pada tahun 1.900 masih pada masa pemerintahan Belanda berusaha untuk menjaga kelestarian dari monumen bersejarah ini dengan mengutus 3 insinyr terbaik mereka Brandes (sejarahwan) dan Theodor Van Erp (tentara belanda), Van De Kamer (arsitek) mulai melakukan pemugaran dengan mengembangkan beberapa hal di kawasan Candi Borobudur seperti sistim drainase, pengaturan bangunan sampai memindahkan batu yang tergolong membahayakan. Ada juga mereka memperbaiki stupa, gerbang, relung dll.

Kawasan Candi Borobudur pun di perluas dengan pembuatan halaman candi dan penebangan hutan di sekitar Candi Borobudur, proses renovasi dari pemerintahan hindia belanda ini terjadi dalam kurun waktu 1907 s/d 1911.

Kemudian pada masa setelah kemerdekaan di tahun 1960, pemerintah Indonesia mengajukan permintaan kepada dunia international untuk melakukan revitalisasi secara besar – besaran mengenai Candi Borobudur di magelang ini.

Bersama -sama dengan Unesco, Candi Borobudur mengalami perbaikan secara menyeluruh yang terjadi pada tahun 1975 -m 1982. Setelah selesai Candi Borobudur menjadi Situs Warisan Dunia yang harus di lindungi oleh Unesco pada tahun 1991. Sampai sekarang Candi Borobudur menjadi tempat wisata yang populer di Jawa Tengah

Baca : 8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Ke Candi Borobudur terbaru

Sebagai situs warisan dunia tentunya wisata budaya Candi Borobudur selalu menjadi target tujuan wisata yang populer terutama saat musim liburan tiba.

Tempat wisata ini juga menjadi wisata wajib bagi pelajar yang sedang tour wisata ke Magelang dan Yogyakarta

Namun ada saja yang bertanya di mana lokasi dari candi borobudur dan berapa harga tiket masuk terbaru 2019 ?

Lokasi Candi Borobudur adalah berada di jalan Badrawati, kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Cek Google Maps now

Candi borobudur ini terdapat 10 tingkat dengan detail 6 tingkat yang berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat bentuk bundar lingkaran dan 1 buah stupa utama sebagai puncaknya, dari empat sisi candi borobudur memiliki gerbang urama dari atas membentuk seperti sebuah priamida.

Berapa harga tiket masuk candi borobudur 2019 ?

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik di bedakan dengan wisatawan mancanegar yakni

  • Wisatatawan Domestik >> Rp. 40.000 / orang
  • Untuk pelajar >> Rp.20.000 / orang
  • Wisatawan Asing >> Rp. 192.000 / orang
  • Student >> Rp.74.000 / orang

Jam buka tempat wisata Candi Borobudur >> 06.00 am – 17.00

candi Borobudur dari dekat / IG @trilestariatun

Aktivitas dan hal menarik yang bisa di dapat di wisata warisan dunia Candi Borobudur

  • Tempat wisata ini merupakan kebanggaan dan bagian dari sejarah indonesia yang tak ternilai harganya begitu banyak hal yang bisa anda pelajari disini, anda yang suka wisata budaya tentunya ini merupakan pengalaman menarik tersendiri untuk berkunjung ke Candi Borobudur
  • Salah satu tujuan wisata milenial sekarang adalah menambah koleksi foto instagram sebanyak mungkin, candi borobudur terdapat banyak spot menarik dari latar candi, patung budha, stupanya dan tulisan aksara yang jaman dahulu.
  • Saat pagi hari candi borobudur merupakan tempat untuk melihat matahari terbit yang indah begitu pula saat sore hari kita melihat sunset dari atas candi.

Tips Wisata ke candi Borobudur Magelang

  • Paling Baik datang ke sini yakni saat pagi hari disamping tidak macet dan kondisi cuaca yang belum terik dan panas, jangan lupa untuk memakai sunblock juga guys
  • Kawasan Candi yang sangat luas dan berjalan kaki yang panjang memerlukan stamina yang kuat ya jadi sebaiknya kita membawa bekal air mineral yang secukupnya. di dalam lokasi candi borobudur tidak akan ada yang menjual makanan dan minuman.
  • Berlaku lah sopan dan tetap menjaga kebersihan, karena candi borobudur ini adalah warisan dunia yang harus kita jaga bersama.

Tentunya kawasan di sekitar Borobudur juga memiliki banyak penginapan yang bagus dan nyaman, bagi yang mau berlibur ke sini bisa memilih penginapan rekomendasi dari kami salah satunya adalah Villa Borobudur Resort

Baca artikel lainnya : 5 Objek Wisata Alam Terindah Di Kabupaten Temanggung Jateng

Demikian ulasan mengenai Tempat Wisata Warisan Dunia Candi Borobudur di Magelang – Sejarah, Lokasi, harga tiket masuk terbaru, semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Tempat Wisata Warisan Dunia Candi Borobudur di Magelang – Sejarah, Lokasi, harga tiket masuk terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: