SHOPPING CART

close

Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pertama kalinya

Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pertama kalinya

Pertama kali melakukan perjalanan liburan dan menginap di hotel tentunya menjadi hal yang baru dan anda mulai berpikir untuk merencanakan banyak hal dari tiket perjalanan, hotel untuk menginap , barang bawaan dan lain – lain. Untuk kali ini kami ingin berbagi informasi tentang panduan atau tips menginap di hotel buat anda yang baru pertama kali melakukannya. Semoga bisa bisa bermanfaat ya simak langsung tips menginap di hotel berbintang untuk pertama kalinya.

Khusus untuk hotel berbintang dan hotel melati memiliki pelayanan yang berbeda dari pelayanan dan fasilitas tentunya hotel berbintang lebih bagus dari hotel kelas melati. Dan selalu ada pengalaman pertama kali saat harus menginap di hotel berbintang untuk pertama kali entah itu karean ada urusan pekerjaan ataupun berlibur bersama teman dan pasangan atau keluarga. Khusus untuk hotel berbintang dalam hal ini kita khususkan hotel bintang 3 keatas memiliki beberapa prosedur dan fasilitas yang harus anda perhatikan selalu.

Baca : Taman Wisata Dira Sakura, Wisata Ala Negeri Matahari Terbit yang ada di Jember

Oke berikut adalah Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pertama kalinya dari 17sekians.com

1. Pemesanan Kamar Hotel secara online

Hal yang pertama kali jika anda ingin menginap di sebuah hotel untuk pertama kalinya tentunya harus memesan hotelnya terlebih dahulu, jaman sekarang begitu mudahnya mencari hotel untuk menginap dn melihat referensi dari media sosial dan lainnya.

Alat yang digunakan untuk memesan hotel juga cukup menggunakan smartphone anda dan untuk pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau bank transfer. Untuk rekomendasi pemesanan hotel yang rekomended adalah booking.com, agoda, tripAdvisor atau traveloka. Anda juga bisa memesan hotel dengan menghubungi pihak hotel langsung atau melalui website mereka sendiri.

Untuk semua platform pemesanan kamar diatas memerlukan sebuah jaminan yakni no kartu kredit atau debit namun metode pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit itu sendiri, bank transfer atau melalui pihak ketiga seperi Alfamart atau Indomart.

Nah setelah metode pembayaran sudah di siapkan anda wajib juga memilih tipe kamar secara mendetail pada saat pemesanan kamar online, hotel berbintang biasanya memiliki beberapa tipe kamar pilihan seperti superior room, deluxe room dan family room, anda harus mengerti tentang setiap kamar sehingga tidak salah memilih nantinya.

Saran kami jika ingin memesan hotel sebaiknya minimal 2 hari sebelum kedatangan karena kita masih bisa mengubah pemesanan jika terjadi kendala dan harganya pun tidak semahal dengan pemesanan mendadak di hari itu juga.

2. Tata Cara Check in dan check out di Hotel Berbintang

Perlu di ketahui untuk waktu check in di setiap hotel berbintang di indonesia adalah jam 14.00 / 15.00 ini hampir semua hotel memiliki waktu di antara jam itu. Dan waktu check outnya biasanya pukul 12.00 siang.

Peraturan ini biasanya sudah di beritahu melalui email konfirmasi yang kita terima saat proses pemesanan kamar selesai. Jikapun anda tiba di hotel pagi hari dan meminta untuk check-in lebih awal maka beberapa hotel memiliki kebijakan tersendiri seperti anda akan di kenakan biaya tambahan dan jika ada kamar yang sudah tersedia juga.

Begitu juga sebaliknya jika pada saat check-out anda menginginkan tambahn waktu biasanya hotel memberikan waktu hanya 1 jam saja, jika waktu check outnya jam 12.00 maka anda di berikan waktu luang sampai jam 13.00 secara gratis.

Tapi biasanya pada saat hotel lagi sibuk biasanya permintaan ini tidak bisa di kabulkan meskipun anda sanggup membayar untuk itu.

3. Deposit Selama stay

Hotel berbintang sekarang menerapkan sistim deposit bagi para tamu tinggal, untuk deposit besaranya biasanya setengah dari harga kamar permalamnya. Untuk deposit bisa memakai uang tunai atau kartu kredit. Untuk info ini anda bisa membacanya di Mengapa Hotel menerapkan sistem Deposit bagi para tamu yang tinggal di sana

4. Pelayanan penanganan barang anda

Hotel berbintang memiliki pelayanan yang ekstra, anda yang akan check-in tidak perlu kawatir dengan baranga bawaan anda karena semua ini sudah ada yang menanganinya dari pembawaan barang ke kamar sampai dengan pada saat check out nanti. Namun jangan lupa untuk memberikan sejumlah tip untuk pegawai hotelnya ya, ini tidak wajib namun sebagai ungkapan rasa terimakasih anda.

Pemesanan Hotel Secara Online di Indonesia dan Kota Tujuan Liburan

5. Mini Bar

Setiap hotel berbintang menyediakan snack dan minuman yang tersimpan dalam mini kulkas yang sering dinamakan mini bar, didalam minibar tersedia minuman, coklat terkadang terdapat minuman alkohol seperti bir dan di atas minibar tersedia beberapa makanan ringan seperti kacang, chips dan snack lainnya.

Perlu di ketahui bahwa sebagian besar minibar ini diluar harga kamar artinya jika anda mengkonsumsi minibar hotel maka anda wajib membayarnya pada saat check-out nanti. Untuk gratis di kamar hanyalah mineral water saja.

6. Amenities Kamar Mandi

Untuk kamar mandinya hotel berbintang sudah menyediakan amenities kamar mandi seperti sabun, samphoo, sikat gigi, handuk dll yang di sediakan secara gratis.

Untuk alat mandi biasanya boleh di bawa pulang sebagai souvenir namun semacam handuk, keset atau hairdryer tidak boleh dibawa atau anda harus membayar lebih untuk itu.

7. Kunci Kamar Hotel

Sekarang sistem kunci di hotel -hotel tidak menggunakan kunci manual atau yang biasa kita pakai di rumah melainkan mereka menggunakan sistim komputer dengan kunci berbentuk kartu seperti kartu atm.

Untuk membuka pintu anda tinggal menempelkan saja ke sensor pintu dan akan terbuka secara otomatis, di hotel berbintang kunci kamar ini akan terkonek langsung dengan listrik di kamar bahkan ada yang terkonek langsung dengan penggunaan lift hotel dll.

8. Safety Box

Untuk penyimpanan barang berharga dan uang, setiap kamar di hotel berbintang telah disediakan kotak safety box dimana penggunaannya akan dijelaskan oleh pihak pegawai bellman pada saat mengantar anda ke kamar untuk pertama kalinya.

Pastikan anda selalu menaruh benda berharga anda di safety box kamar pada saat meninggalkan kamar untuk bepergian keluar.

9. Kode DND dan Make up room

Setiap kamar di hotel berbintang akan selalu mendapatkan pelayanan pebersihan setiap pagi dan sore harinya dan pegawai hotel akan masuk ke kamar anda tanpa sepengetahuan anda sebelumnya dan ini sangat normal.

Tapi jika anda tidak menginginkan ada orang untuk masuk ke kamar anda, didalam kamar terdapat tanda DND dan make Up room yang bisa anda nyalakan.

DND = do not disturb yang artinya anda tidak ingin seorang pun masuk dan membersihkan kamar anda

Make Up Room artinya anda menginginkan seseorang untuk membersihkan kamar anda.

10. Breakfast hotel

Hotel berbintang selalu menyediakan pelayanan sarapan yang biasanya mulai dari pukul 07.00 – 10.00 am jadi jangan sampai terlambat bangun ya, karena jika sudah lewat jam itu maka restorant akan tutup dan anda tidak bisa berbuat apa -apa.

11. Wake-up call

Anda yang susah untuk bangun pagi bisa memesan pelayanan wake-up call pada jam tertentu, jadi anda tinggal menelpon pihak reseptionist dan memesan layanan wake up call keesokan harinya.

Panduan menginap di hotel tidaklah serumit yang dibayangkan namun setidaknya anda juga harus mematuhi peraturan yang telah di tetapkan hotel untuk melancarkan pelayanan mereka untuk berikut juga adalah paduan pada saat check in dan check out yang mesti anda perhatikan lebih detail

Baca : 10 Tempat Wisata Terbaru dan Hits di Sidoarjo Jawa Timur, Update Juni 2019

Waktu check-in di hotel-17sekians.com

Panduan Check-in di hotel berbintang

  • Pada saat check in usahakan untuk datang sesuai waktu check-in yakni biasanya jam 15.00, namun jika anda datang lebih awal anda bisa menyelesaikan proses registrasi terlebih dahulu dan menitipkan barang bawaan di hotel kemudian saat jam check-in tiba anda tinggal masuk ke kamar saja
  • Panduan pada saat check-in adalah datang ke meja reseptionist dan melakukan proses registrasi dengan membawa konfirmasi booking dengan id yang sesuai dengan nama bookingan
  • Petugas hotel akan mencocokan nama di id dengan sistim pada bookingan mereka kemudian anda akan mengisi formulir registrasi terlebih dahulu
  • Jika sudah selesai anda wajib juga membayar kamar secara full selama anda tinggal dan menaru sejumlah deposit sebagai jaminan anda selama di hotel
  • Setelah proses registrasi dan pembayaran selesai, anda akan menerima kunci serta penjelasan mengenai fasilitas dan jam sarapan hotel dan pihak concierge akan mengantar langsung ke kamar

Panduan Check-Out di hotel

  • Anda wajib mengemas barang – barang anda terlebih dahulu di kamar dan jika membutuhkan pelayanan pembawaan barang bisa menelpon pihak reseptionist untuk mengirim staff untuk mengambil barang di kamar. Jam check-out hotel biasanya jam 12.00 siang jadi anda wajib keluar dari kamar pada saat itu.
  • Setiap kamar terdapat formulir guest comment dan jika ingin mengisinya boleh saja dan boleh tidak.
  • Saat berada di meja reseptionist anda harus mengembalikan kunci kamar, jika anda menghilangkan kunci kamar maka pihak hotel akan memberikan denda dan harus membayar.
  • Setelah mengatakan ke pihak reseption anda akan check-out, mereka akan mengecek kamar anda terlebih dahulu dan ini hanya memerlukan waktu tak lebih dari 5 menit.
  • Proses pengecekan selesai, pihak hotel akan memberikan tagihan bill selama anda tinggal yang harus di bayarkan terlebih dahulu namun jika anda tidak memiliki tagihan maka anda bisa meninggalkan hotel dengan cepat.

Lihat Video mengenai Panduan Check-in & Check Out berikut :

Baca artikel lainnya : Hideaway Residence Bali, Villa Bintang 4 Harga Murah di Uluwatu Bali – Tonton Videonya

Demikian ulasan mengenai Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pertama kalinya, semoga selalu bermanfaat dan terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pertama kalinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: