SHOPPING CART

close

Tugas dan Bagian dari Housekeeping Departemen dalam Hotel

Tugas dan Bagian dari Housekeeping Departemen dalam Hotel

Hotel memiliki beberapa departemen yang bekerja bersama-sama dalam satu team dalam hal menjual kamar, makanan dan aktivitas lainnya demi mendapatkan keuntungan, dalam hal utama penjualan kamar menjadi faktor utama yang diadakan dalam sebuah hotel dan tanggung jawab ini menjadi milik dari house keeping departemen dimana mereka harus menyiapkan kamar setiap harinya agar bisa di jual kepada para tamu yang akan datang, berikut adalah perincian dari tugas dan bagian dari Housekeeping (HK) Departemen dalam sebuah hotel.

Sebelum kita menuju tugas dan bagian apa saja yang ada di HK departemen, mari kita mengenal lebih dalam mengenai pengertian dari housekeeping dalam hotel terlebih dahulu.

Baca : Tips Traveling Seru Bersama Keluarga ke kota Kembang Bandung

Pengertian Housekeeping (HK) departemen

Dalam dunia perhotelan, housekeeping (HK) atau tata graha masuk dalam kategori room division dimana berasal dari kata “house” artinya rumah dan “Keeping” artinya menjaga atau memelihara dan jika di gabungkan menjadi menjaga atau memelihara rumah dalam hal ini adalah bagian kamar dan area yang mencangkup publik dalam sebuah hotel.

Dalam arti luasnya Housekeeping Departemen dalam hotel bertanggung jawab penuh akan pemeliharaan, menjaga dan membersihkan kamar hotel dan areal umum di hotel yang berguna untuk menjaga kebersihan, tetap terlihat indah dan bersih.

Area hotel selain kamar yang dimaksud adalah termasuk area parkir, taman, fasilitas kolam renang, tennis court, gym dll dan untuk area dalam hotel, selain menangani kamar-kamar tamu adalah arcade, drugstore, bank, money changer, travel agent, beauty salon, barber shop, meeting room, restaurant, dan lain-lain. Belum lagi ruangan-ruangan operasional hotel seperti ruang loker, ruang linen, hingga lobby dan lain-lain.

Begitu luasnya tanggung jawab dan tugas dari HK depart, tak heran jika jumlah personel staff yang di miliki oleh HK dalam hotel selalu lebih banyak dibandingkan departemen lainnya di hotel, itu di karenakan memang mereka memiliki tugas yang jauh lebih banyak di bandingkan dengan departemen lainnya.

Karena tugasnya yang begitu luas dalam hotel apalagi daalam hotel berbintang, HK departemen kemudian terbagi dalam beberapa bagian atau seksi dengan tanggung jawabnya masing-masing, berikut adalah bagian dari HK departemen dengan tugasnya masing-masing dalam hotel berbintang.

Bagian atau seksi dalam Housekeeping Departemen Hotel :

  1. Room Boy ( Room Maid)

Bagian atau seksi room boy (maid) memiliki tanggunga jawab terhadap kesiapan kamar dari kamar yang siap dijual dan kamar yang sudah terisi oleh tamu. Kasiapan kamar meliputi kebersihan, pergantian linen, handuk dan segala kelengkapan kamar juga. Bagian room boy (maid) memiliki kontak langsung terhadap tamu sehingga terkadang akan harus berkomunikasi dan menyediakan segala permintaan tamu langsung

  1. Publik Area

Bagian Publik area memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan semua area hotel yang ditujukan untuk kawasan publik. Baik yang berada di luar maupun yang di dalam gedung hotel. Area yang ditangani oleh seksi ini biasanya adalah lobby, restaurant, meeting room, restroom, fasilitas untuk karyawan hotel dan lain-lain.

  1. Laundry Staff

Laundry Staff bertanggung jawab atas kebersihan linen kamar, restaurant, meeting room dan seragam staff hotel juga. Proses pencucian sampai dengan pengeringan dan setrika menjadi full tanggung jawab dari seksi laundry staff

  1. Linen staff & Store Keeper

Agak berbeda dengan laundry staff, linen staff mempunyai tanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan semua linen untuk hotel, termasuk seragam staff hotel juga.

  1. Order Taker

Hotel bintang 4 biasanya terdapat bagian order taker yang bertugas untuk menerima pesan dari departemen maupun tamu langsung mengenai permintaan dan langsung disampaikan kepada bagian lainnya seperti room boy atau lainnya

  1. Florist Staff

Florist adalah bagian dari HK dept yang bertugas untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.

  1. Gardener Staff

Bagian dari HK Dept yang bertanggung jawab akan taman-taman yang ada di hotel seperti membersihkan, memotong dan menyiram setiap harinya dalam areal dalam dan luar hotel

Itulah bagian atau seksi beserta tugas nya staff yang berada dalam HK dept. jadi dengan mengambil kesimpulan dari tugas dan bagian HK dept, bahwasanya Housekeeping Departemen dalam hotel memiliki tanggung jawab terhadap

  • Memelihara & Membersihkan kamar – kamar tamu di hotel
  • Menjaga kebersihan area – area umum hotel atau public area
  • Melaporkan status kamar ke bagian front office
  • Menjaga kebersihan linen hotel
  • Merawat peralatan kerja housekeeping
  • Menata kamar agar terlihat indah dan bersih
  • Menjaga komunikasi yang baik terhadap departemen lain guna melancarkan opertional kerja dalam hotel

Bekerja dalam bagian housekeeping memiliki tanggung jawab yang besar dan fisik yang kuat setiap harinya, dimana tenaga yang prima diperlukan setiap harinya untuk membersihkan dan menata kebersihan hotel terutama jika bekerja dalam hotel berbintang yang memiliki areal yang sangat luas.

Untuk menjadi HK Staff yang baik kita harus tetap menguasai ketrampilan kerja, mematuhi perintah atasan, menjalani SOP yang ada dan penguasaan bahasa terutama bahasa asing ketika berkomunikasi dengan tamu.

Baca artikel lainnya : Tips Traveling di Bali dan Budget yang yang harus di Persiapkan Selama Liburan

Demikian info mengenai Tugas dan Bagian dari Housekeeping Departemen dalam Hotel, semoga selalu bermanfaat buat teman-teman hotelier semua ya. Jika suka artikel ini langsung di share ya. Terimakasih.

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “Tugas dan Bagian dari Housekeeping Departemen dalam Hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: