SHOPPING CART

close
Booking.com

Yuk Berkunjung ke Wisata Sejarah Museum Fatahillah Di Jakarta Barat

Booking.com

Dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia merupakan sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 2, Jakarta Barat dengan luas lebih 1.300 meter persegi. yuk berkunjung ke wisata sejarah Museum fatahillah di Jakarta Barat

Gedung ini dahulu hanya sebuah Balai Kota Stadhuis :Bahasa Belanda yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah dari Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan itu menyerupai dengan Istana Dam yang terletak di Amsterdam Belanda, yang terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bab timur dan barat serta bangunan sanding yang dipakai sebagai sebuah kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara. dan pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini lalu diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Wisata Sejarah Gedung Museum Fatahillah Jakarta Barat

Objek-objek yang sanggup anda temukan di museum ini antara lain ialah perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan Tarumanegara dan Pajajaran, hasil-hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari era ke-17 sampai 19, yang merupakan sebuah perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Cina, dan Indonesia.

Juga ada keramik, gerabah, dan watu prasasti. Koleksi-koleksi ini terletak di banyak sekali macam ruang, menyerupai Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

Terdapat juga banyak sekali macam koleksi perihal kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak. Bahkan kini juga diletakkan sebuah patung Dewa Hermes (menurut mitologi Yunani, merupakan tuhan keberuntungan dan pertolongan bagi kaum pedagang) yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap mempunyai kekuatan magis.

Selain itu, di Museum Fatahillah juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang dulu sempat dipakai pada zaman penjajahan Belanda.

Fasilitas di Museum Fatahillah Jakarta Barat

  1. Perpustakaan (untuk anda yang suka membaca)
  2. Kantin Museum (menyediakan masakan dan mimuman kalau anda sedang lapar atau haus)
  3. Souvenir Shop (menjual cinderamata untuk kenang-kenangan dengan harga terjangkau)
  4. Sinema Fatahillah (Menampilkan Film Zaman Batavia dan Film Populer Dalam Dan Luar Negeri)
  5. Musholla (dengan perlengkapannya sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan waktu untuk sholat)
  6. Ruang Pertemuan dan Pameran (ruangan yang representatif untuk acara pertemuan, diskusi, seminar dan ekspo dengan daya tampung lebih dari 150 orang)
  7. Taman Dalam (Taman yang asri dengan luas 1000 meter lebih, serta sanggup dimanfaatkan untuk Gathering, resepsi pernikahan, Pentas Seni)

Tempat wisata di Jakarta:

  • Daftar Tempat Wisata di Kepulauan Seribu Utara Jakarta
  • Daftar nama Tempat Wisata di Jakarta
  • Museum Bank Mandiri Jakarta Barat Cagar budaya Kota Tua
  • Museum Gedung Joang ’45 Jakarta, Peninggalan Bung Karno
  • Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan
  • Museum Prangko Indonesia di Jakarta
  • Museum Taman Prasasti Cagar Budaya peninggalan Belanda
  • Museum Taman Prasasti di Jakarta

Hotel murah di Jakarta:

 


Baca artikel lainnya : 

20 Hotel Murah dan Hemat di Grogol Jakarta – Pesan lewat Booking.com


 

Demikian ulasan mengenai yuk Berkunjung ke Wisata Sejarah Museum Fatahillah Di Jakarta Barat , semoga bermanfaat ya.

Tags:

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com