SHOPPING CART

close
Booking.com

Wisata Di Kota Banjarmasin, Jangan Lupa mencoba Kuliner Asli sini

Booking.com
Saat nya liburan ke Banjarmasin di Kalimantan Selatan danmengujungi  tempat wisata menarik disana, wait kali ini kita akan membahas wisata di kota Banjarmasin , jangan lupa mencoba kuliner asli sini kota dengan seribu sungainya.
Sebelumnya kita pernah membahas tempat wisata di Banjarmasin dan sekarang tak lengkap rasanya jika mengenal lebih dalam makanan khas dari Banjarmasin juga

Makanan khas Kota Banjarmasin

  1. Nasi Kuning Masak Habang
Nasi kuning masak habang atau dalam bahasa Indonesia berarti masak merah sangat cocok untuk sarapan pagi. Banyak penjual nasi kuning ini di tepian jalan kalau pagi hari, akan tetapi menjelang siang, mereka akan menutup lapak dagangannya. Berbeda dengan yang jual nasi kuning di restoran atau warung makan.
Mereka akan menyediakannya dari pagi hingga malam tiba. Nasi kuning masak habang biasa dimakan bersama dengan berbagai lauk yang enak dan enak. Diantaranya yaitu ayam, telur bebek, hingga dengan iwak haruan atau ikan gabus yang harganya tidak mengecewakan tinggi di pasaran. Ikan gabus enak dimasak apa saja baik digoreng, pepes, bakar, dan lain-lain.

2. Soto Banjar

Kuliner mantap Kota Banjarmasin selanjutnya yaitu Soto Banjar. Ya, memang hampir semua kawasan di Indonesia mempunyai masakan soto dengan ciri masing-masing. Beberapa masakan soto yang ada di Indonesia yaitu Soto Betawi (pakai daun ubi), Soto Medan (dengan kuah santan kental dan gurih), Soto Sokaraja (disajikan bersama bumbu kacang yang dimasukkan ke kuah beningnya), dan masih banyak lagi.
Nah, kalau Soto Banjar biasa dimakan bersama lontong atau nasi putih dan yang menciptakan masakan ini jadi unik yaitu sahabat makan soto yang berupa sate. Benar, lho. Soto Banjar memang disajikan bersama dengan sate. Bagi yang ingin tau dengan rasanya, silakan merasakan ketika berkunjung ke Banjarmasin.
3. Pakasam
Pakasam yaitu makanan yang dilumuri atau dibalut dengan garam dan beras ketan sangrai. Kuliner Banjarmasin yang satu ini memang mempunyai citarasa asin, akan tetapi tak mirip ikan asin yang rasa asinnya nendang banget. Kuliner berbahan dasar ikan gabus atau sepat kecil ini sanggup diolah dengan asam jawa, cabai yang diiris, serta gula merah.
Kalau menentukan mengolah pakasam dengan cara digoreng, anda harus berhati-hati lantaran minyak gorengnya sanggup terus meletup atau meledak-ledak. Ini dikarenakan adanya beras ketan yang membalut pakasam.

4. Lontong

Kuliner Lontong Banjar yang populer berjulukan Lontong Orari. Namanya unik, ya? Menurut ceritanya, sih, dikala awal berdirinya, kedai lontong tersebut merupakan tempat ngumpul favorit para pecinta radio amatir. Lontong Banjar yaitu masakan yang biasa dinikmati untuk sarapan pagi. Biasanya hidangan yang satu ini disajikan berteman gangan nangka santan.

 

 

5. Gangan Asam Patin

Gangan asam patin atau sayur asam yang dimasak bersama adonan ikan patin ini rasanya mantap dan menjadi salah satu makanan favorit orang-orang Banjar. Hampir di semua tempat makan, mulai dari warung kaki lima hingga dengan restoran bintang lima hehe … semua menyediakan sajian yang satu ini. Pokoknya kunjungan anda akan terasa kurang lengkap kalau belum merasakan masakan Banjarmasin yang satu ini. Rasanya segar dan lebih mantap disantap pakai sambal terasi.

 

 

6. Amparan Tatak

Salah satu makanan ringan cantik yang juga banyak dicari apalagi ketika bulan puasa/ramadhan yaitu amparan tatak. Kue yang satu ini berbahan dasar tepung beras yang dicampur santan serta beberapa materi embel-embel yang lainnya. Kuliner ini mempunyai citarasa yang cantik dan gurih. Tambahan pecahan pisang ke dalamnya semakin menambah nikmat makanan ringan cantik amparan tatak.


Booking.com

7. Ketupat Kandangan

Kuliner yang satu ini bahwasanya bukan merupakan makanan orisinil Banjarmasin, akan tetapi asalnya dari Kandangan, yang merupakan salah satu kota di Kalimantan Selatan. Kuliner yang satu ini biasa disajikan bersama kuah santan gurih yang telah dibumbui bermacam rempah-rempah. Kuah itu kemudian disiramkan ke atas iwak haruan atau ikan gabus asap. Ketupat Kandangan agak berbeda dengan ketupat pada umumnya yang mempunyai tekstur padat.
Ketupat Kandangan teksturnya agak lembek dan gampang pecah. Yang unik dari santapan Ketupat Kandangan yaitu cara makannya yang tidak menggunakan sendok atau garpu melainkan dengan tangan. Menurut masyarakat, kalau menikmati Ketupat Kandangan menggunakan tangan rasanya akan lebih nikmat dan legit.

8. Wadai Cincin

Ini yaitu makanan ringan cantik tradisional dari Banjarmasin. Kue ini mempunyai lubang kecil-kecil jadi disebut dengan nama makanan ringan cantik wadai cincin. Kudapan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Memiliki citarasa yang cantik dan bertekstur lembut. Akan tetapi kalau menggorengnya terlalu lama, makanan ringan cantik wadai cincin ini rasanya akan kurang nikmat. Hal ini disebabkan oleh makanan ringan cantik wadai cincin yang menjadi keras dan kering jawaban lamanya proses penggorengan.

 

9. Bingka

Kue dari Banjarmasin ini biasanya berbentuk ibarat bunga. Rasanya legit, teksturnya lembut, jadi tak perlu repot untuk dikunyah kuenya akan hancur sendiri di verbal anda. Kudapan ini paling banyak dicari ketika bulan ramadhan tiba. Kue Bingka mempunyai beraneka macam rasa yang tentunya tak akan menciptakan pengecap bosan. Beberapa varian rasa makanan ringan cantik bingka dari Banjarmasin ini antara lain yaitu rasa tape ketan, kentang, dan telur.
Demikian ulasan mengenai  Wisata Di Kota Banjarmasin, Jangan Lupa mencoba Kuliner Asli sini , semoga bermanfaat ya
Tags:

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com