SHOPPING CART

close

Wisata Religi Masjid Cheng Ho di Palembang – Lokasi dan keindahan Arsitekturnya

Wisata Religi Masjid Cheng Ho di Palembang – Lokasi dan keindahan Arsitekturnya

Kebinekaan bangsa indonesia sebenarnya sudah terpupuk sejak dahulu kala dimana bangsa ini mampu hidup berdampingan dengan segala macam ras, suku dan budaya. Percaya tidak ? anda bisa mengunjungi wisata religi di masjeid Cheng Ho di Palembang berikut loksai dan keindahn arsitekturnya

Saat berkunjung ke palembang di sumatera selatan tentunya kita akan langsung mengingat jembatan Ampera yang terkenal membentang di atas sungai musi nya. Mengunjungi tempat wisata di bumi sriwijaya palembang bukan hanya itu guys, disini kita melakukan wisata religi yakni di sebuat masjid dengan arsitektur tionghoa yang bergitu cantik yakni di Masjid Cheng Ho di Palemban

Masjid Cheng Ho di Palembang adalah masjid yang bergaya khas tionghoa dan bisa menjadi wisata favorit saat bulan ramadhan atau liburan ke Palembang nantinya.

Keindahan Arsitektur Masjid Cheng Ho di Palembang

Sebelum kita membahas tentang keindahan arsitektur masjid Cheng Ho mari kita kita mengenal awal berdirinya tempat ini terlebih dahulu. Awal pendiriannya tentunya adalah ingin memupuk hubungan yang baik antara keturunan tionghoa dengan warga lokal palembang dan juga untuk mengenal lebih dalam tentang ajaran agama islam sendiri.

Penamaan Cheng Ho berasal dari nama panglima angkatan laut tiongkok pada abad XV dan saat expedisinya sampai ke tanah nusantara untuk urusan berdagang dan memeperkenalkan ajaran islam, rupanya kehadiran beliau sangat di terima baik oleh masyarakat palembang pada saat itu dan mereka pun hidup dalam perdamaian dan lambat laun panglima Cheng Ho memiliki banyak pengikut.

Masjid-Cheng-Ho Palembang

Laksaman Cheng ho pernah sebanyak 3 kali mampir ke Palembang dan terus menyebarkan ajaran agama islam. Kedatangan laksamana Cheng Ho ke Palembang selain untuk berdagang sambil menyebarkan agama islam adalah untuk menumpas bandit yang bernama Chen Tsu ji yang bermukim di Palembang. Karena untuk mengenang jasa beliau maka dibuatkan masjid Cheng Ho atau bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang. Masjid ini didirikan oleh para sesepuh dari persatuan islam tionghoa indonesia yang berada di Palembang.

Arsitektur Masjid Cheng Ho

Dengan masjid yang berdesain khas china dengan daya tampung mencapai 600 jemaah dan memiliki 2 lantai, dengan luas tanah 5ha di lingkungan perumahan dan berwarna khas merah yang dominan seperti kelenteng -kelenteng di china namun tempat ini sebetulnya adalah masjid.

Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur khas tionghoa dengan 2 menara yang di beri nama Habluminallah dan Hambluminanna, pada bagian bawah terdapat tempat untuk berwudhu dengan ukuran 4 x 4 meter.

Booking.com

Jika anda lihat pada 2 menara tadi memiliki 5 tingkatan yang melambangkan 5 sholat yang wajib dilakukan bagi umat islam setiap harinya. Tinggi dari menara ini mencapai 17 meter, angka ini adalah simbul jumlah rakaat yang harus di lakukan umat islam dalam sehari.

Keluar dari menara kita akan melihat tanduk kambing yang menjadi ornamen khas dari Palembang yang mengandung arti bahwa Masjid Cheng Ho dibangun di tanah Palembang dan ingin menjalin hubungan yang baik antara orang tionghoa dengan masyarakat lokal Palembang.

Masuk kedalam area Masjid kita akan melihat lebih dalam warna merah yang menjadi dominan dan mencirikan kebudayaan tionghoa, dengan pintu utama, ornamen -ornamen yang di miliki menambah keindahan dari arsitektur masjid Cheng ho di Palembang ini.

Masjid Cheng Ho pertama kali di buka sejak Agustus 2008 dan merupakan tanah hibah dari gubernur Sumatera selatan Syahrial Oesman, untuk beribadat disini tidak terdapat pembatas dimana para lelaki beribadat di lantai 1 dan wanita beribadat di lantai 2

Masjid ini juga terdapat rumah kecil untuk imam, kantor, perpustakaan dan ruang yang bisa digunakan untuk apapun.

Dengan adanya Masjid Cheng Ho di Palembang tentunya menyadarkan kita sebagai bangsa indonesia yang selalu cinta damai dan cinta akan perbedaan. Kita juga mengenal lebih dalam tentang sejarah bahwa ajaran islam dahulu kala juga pernah dikenalkan oleh keturunan tionghoa yang bernama Cheng Ho. Masjid Cheng ho di kenal juga dengan nama Masjid Cheng Ho Jakabaring oleh masyarakat palembang.

Masjid Cheng Ho by IG @pawon_meniek

Pada saat bulan Ramadhan ini tentunya Masjid Cheng Ho menjadi tempat wisata favorit yang selalu ramai di kunjungi sambil menunggu bedug buka puasa. Wisatawan yang datang juga banyak dari luar Palembang, mereka tentunya ingin melihat keindah dari arsitektur dari Masjid Cheng Ho Palembang.

Masjid Cheng Ho merupakan simbol kebinekaan yang dimiliki bangsa indonesia yang harus kita jaga bersama ya. bagi yang belum tahu tentang lokasi dari tempat wisata hits palembang ini, berikut kami lampirkan lokasinya

Lokasi Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho berada di 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Lokasi tempat wisata religi ini tepatnya berada di kompleks perumahan Amin Mulia Jakabaring, masjid cheng ho terlihat begitu terang dengan arsitektur yang unik khas tionghoa.

Cek Google Maps

Baca artikel lainnya : 6 Hotel di Palembang bintang 4 Dengan Review Terbaik

Demikian ulasan mengenai Wisata Religi Masjid Cheng Ho di Palembang – Lokasi dan keindahan Arsitekturnya, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tags:

0 thoughts on “Wisata Religi Masjid Cheng Ho di Palembang – Lokasi dan keindahan Arsitekturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com
Jasa transport di bali -17sekians
Share!
%d bloggers like this: