SHOPPING CART

close

Wisata Religi yang mengandung sejarah tentang Islam di Jawa, Masjid Sunan Ampel Surabaya

 

Wisata Religi yang mengandung sejarah tentang Islam di Jawa, Masjid Sunan Ampel Surabaya. IG @hefnitr1

Berada di Kelurahan Ampel, salah satu wisata religi berikut ini bernama masjid Sunan Ampel, salah satu masjid kuno merupakan tempat di makamnya tokoh wali songo bernama Sunan Ampel. Yuk mari kita mengenal lebih dalem mengenai Wisata Religi yang mengandung sejarah tentang Islam di Jawa, Masjid Sunan Ampel Surabaya

Masjid Sunan Ampel didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel, masjid ini memiliki luas 120 X 180 meter/segi, dekat masjid juga terdapat makam dari Sunan Ampel dan bangunan masjid ini di kelilingi oleh bangunan dengan desain tionghoa dan arab, di smping masjid juga terdapat sebuah sumur yang di percaya memiliki nilai magis bagi anda yang ingin melakukan sumpah atau janji.

Sejarah Masjid Sunan Ampel

Masjid ini di bangun oleh Raden Rahmatullah atau juga di sebut dengan nama Raden Rahmat, atau juga di sebut Sunan Ampel, Pada tahun 1421 M dengan ijin dari Raja Majapahit, Sunan Ample membangun masjid bersejarah ini lengkpa dengan pesantrennya.

Sunan Ample merupakan dari dari 9 wali songo , tokoh berpengaruh dalam penyeberan agama islam di Nusantara ini, Sunan Ampel merupakan tokoh yang terkenal akan kebijakan, berwibawa, alim dan mendapatkan banyak simpati dari masyarakat pada jaman itu.

Sunan Ampel sendiri merupakan keturunan bangsawan di kala itu yakni Raja Champa yang menetap di Tuban, jawa timur, saat beliau berumur 20, sunan ampel hijrah ke Surabaya dan menetap di daerah kekuasaan Majapahit tersebut.

Karena kepintaran dan penguasaan agama yang baik, sunan Ampel di percaya untuk mengajarkan dan berdakwah tentang agama islam kepada para bangsawan dan rakyar Majapahit, Sunan Ampel di berikan pinjama tanah 12 hektar di daerah Ampel untuk mendirikan pesantren dan masjid kemudian beliau di berikan nama sebagai sunan Ampel.

Baca : Menelusuri Jejak Masjid Agung Demak Yang Indah

 

Masjid Sunan Ampel Surabaya

 

Desain dari Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel terdapat 5 simbul rukun islam yang berada di pintu utama (Gapura) yakni gapuro munggah, poso, ngamal, madep, dan paneksen

Gapura Munggah merupakan simbol dari Rukun Islam yang kelima, yaitu Haji

Gapuro Poso (Puasa) yang terletak di sebelah selatan masjid. Gapuro Poso memberikan suasana indah saat bulan Ramadhan

Gapuro Ngamal (Beramal) adalah Gapura yang menyimbolkan rukun Islam yang ketiga yakni berzakat

Gapuro Madep berada persis di sebelah barat bangunan induk masjid. Gapura ini menyimbolkan tentang rukun Islam yang kedua, yaitu salat dengan menghadap (madep) ke arah kiblat.

Gapuro Paneksen adalah simbol dari rukun Islam yang pertama yakni Syahadat. Paneksen berarti kesaksian.

Masjid Sunan Ampel juga di percaya akan cerita mistis dan tradisi yang harus di lakukan saat berkunjung seperti kita tidak di perkenankan shalat di areal makam berdoa hanya kepada Allah

Terdapat juga air sumur yang di percaya sangat suci melebihi air zamzam di mekah dan tradisi saat bulam ramadhan dimana di tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 malam hari di bulan Ramadhan. pengujung di masjid Sunan Ampel melakukan tradisi membaca tahlil, tadarus (membaca Alquran secara bersama-sama saat bulan puasa), salat sunah, dan itikaf (berdiam diri di dalam masjid dengan mengucapkan zikir) sampai pagi.

Bagi anda yang berkunjung ke Masjid Sunan Ampel tidak akan bosan atau pun kelaparan juga karena di sekitar lokasi wisata religi ini terdapat kampung Arab layaknya di Mekah, di kampung ini terdapat banyak pedagang yang menjual makanan, minuman dan oleh – oleh juga guys. Makann arab yang bisa di nikmati adalah nasi kebuli, kue roti maryam dan kurma.

 

Keindahan dari Koleksi Quran di Masjid Sunan Ampel, Surabaya

Lokasi Masjid Sunan Ampel

Alamat : jalan Petukangan I, Ampel, Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur 60151
Telepon: 031 30422884

Sumber : abiummi.com

Baca artikel lainnya : 

6 Hotel di Surabaya Yang Bisa Di Pesan Tanpa Kartu Kredit dan Pembatalan Gratis

Demikian ulasan mengenai Wisata Religi yang mengandung sejarah tentang Islam di Jawa, Masjid Sunan Ampel Surabaya, semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih

Tags:

0 thoughts on “Wisata Religi yang mengandung sejarah tentang Islam di Jawa, Masjid Sunan Ampel Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share