SHOPPING CART

close

Wisata tersembunyi nan Indah di Danau Weekuri Sumba, NTT

Wisata tersembunyi nan Indah di Danau Weekuri Sumba, NTT. IG @wulan_nixie
Salah satu wisata alam yang indah bagaikan surga di daerah Sumba Barat daya terdapat sebuah danau yang memiliki air yang jernih, wisata alam cukup populer dan mendapatkan banyak kunjugan dari wisatawan yang datang ke Sumba, simak Wisata tersembunyi nan Indah di Danau Weekuri Sumba, NTT Sebelum tempat wisata Danau Weekuri ini dibuka secara umum, menurut berita bahwa Danau Weekuri ini pertama kali ditemukan oleh warga negara Perancis. Danau Weekuri dulunya terletak di area tersembunyi dan belum mempunyai jalur saluran untuk menuju Danau Weekuri. Setelah inovasi lokasi ini maka dibuatlah akses jalan ke Danau Weekuri dan dibuka untuk umum.

Ketenaran Danau Weekuri memang tidak mirip danau-danau lainnya yang ada di Indonesia, namun untuk keindahan yang ditawarkan di Danau Weekuri sangat luar biasa dan banyak yang menyebut bahwa Danau Weekuri ialah Surga Tersembunyi yang ada di Sumba Barat Daya.

Mengenai Danau Weekuri

Jika kalian ke Danau Weekuri maka kalian akan melihat keindahan danau dengan air yang sangat jernih mirip kaca. Danau Weekuri ini mempunyai air yang berwarna hijau kebiru-biruan di beberapa sisinya. Selain itu untuk kondisi airnya juga unik yakni mempunyai kandungan air asin dan air payau.

Keunikan dan keindahan dari Danau Weekuri ternyata tidak hingga disitu saja. Keindahan warna yang ada di Danau Weekuri merupakan hasil dari beberapa titik sumber mata air yang ada disana sehingga warna Danau Weekuri sangat bermacam-macam dan ada yang basah masbodoh dan juga air hangat.

Jika dilihat sekilas memang Danau Weekuri sangat jernih mirip kaca, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bermain air dan menikmati keindahan dari Danau Weekuri dari ketinggian.

Keindahan lainnya dari Danau Weekuri sanggup dinikmati dari spot yang ada di sebelah barat lokasi Danau Weekuri. Dengan menyusuri jalan setapak dan mengikuti bunyi dari deburan ombak maka kalian sanggup menaiki bukit kecil berupa bebatuan karang yang menjorok ke lautan lepas.

Dari spot ini kalian harus ekstra hati-hati karena kondisi bebatuan karang di Danau Weekuri sangat tajam dan lancip. Namun untuk keindahan dari spot ini jangan ditanyakan lagi alasannya dari spot inilah kita sanggup melihat keindahan Danau Weekuri sepenuhnya. Disini Danau Weekuri akan terlihat mirip kolam renang dengan kejernihan air yang ibarat beling dan mempunyai warna dengan gradasi warna biru dan hijau yang mengagumkan.

Lokasi Danau Weekuri

Danau Weekuri yang sangat indah ini berada di lokasi Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Makara kalau ingin mengetahui lebih lengkap lokasi Danau Weekuri

Cara menuju ke lokasi wisata Danau Weekuri 

Untuk sanggup hingga ke lokasi wisata Danau Weekuri sanggup ditempuh dengan jalur darat dari Tambolaka yang merupakan Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya ataupun dari Waikabubak Ibukota Kab. Sumba Barat. Karena lokasi Danau Weekuri berada di wilayah Kodi Utara, maka untuk sanggup ke Danau Weekuri kita harus memakai jalur udara untuk hingga ke Kota Tambolaka.

Dan sehabis hingga di Tambolaka, perjalanan menuju Danau Weekuri sanggup dilanjutkan dengan memakai transportasi darat.

– Kendaraan untuk Menuju Danau Weekuri
Kendaraan darat yang sanggup dipakai untuk sanggup hingga di Danau Weekuri ialah dengan menyewa atau rental mobil/motor yang ada di Kota Waikabubak dan di Kota Tambolaka. Untuk harga sewa kendaraan beroda empat bpsekitar Rp 500.000 – Rp 600.000 beserta dengan drivernya. Sedangkan untuk biaya sewa kendaraan bermotor roda dua ialah sebesar Rp 100.000 – Rp 150.000.

Untuk saluran menuju ke lokasi wisata Danau Weekuri memang agak cukup sulit. Selain itu untuk saluran angkutan umum menuju ke Danau Weekuri yang berjarak kurang lebih 60 Km dari Tambolaka Ibukota Sumba Barat Daya juga belum ada.

– Kondisi Jalan Menuju Danau Weekuri
Kondisi jalan menuju Danau Weekuri sangat bervariatif, dibeberapa titik sudah beraspal halus namun dibeberapa titik kondisi saluran jalan menuju Danau Weekuri masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah. Sedangkan untuk petunjuk jalan menuju Danau Weekuri juga belum ada sehingga untuk sanggup ke Danau Weekuri kita harus bertanya ke warga sekitar atau memakai GPS.

Baca : 

Wisata Tua Dan Bersejarah di Benteng Pendem Ambarawa Di Semarang

Harga Tiket Masuk ke Danau Weekuri

Lokasi Wisata Danau Weekuri ini belum tetapkan berapa harga tiket masuk yang diberlakukan bagi setiap wisatawan yang tiba ke Danau Weekuri. Makara berdasarkan warta ketika hingga di pos jaga masuk ke Danau Weekuri setiap pengunjung haya membayar tiket masuk seikhlasnya saja. Dan sehabis hingga di pos jaga masuk ke Danau Weekuri perjalanan masih berlanjut dengan berjalan kaki sekitar 20 meter.

Waktu yang Tepat Mengunjungi di Wisata Danau Weekur

Ketika kalian mengunjungi Wisata Danau Weekuri, maka waktu yang sempurna untuk mendapat spot-spot foto yang pas dan instagramable ialah pada waktu sekitar jam 4 (empat) sore. Alasan pemilihan waktu untuk mendapat spot terbaik dari Danau Weekuri ini dikarenakan pada dikala sore hari matahari akan mulai condong ke arah barat. Sehingga langit yang ada akan terlihat biru dan akan nampak terlihat terperinci di kerjernihan air di Danau Weekuri.
Selain spot indah yang terlihat di dalan Danau Weekuri yang dihasilkan dari pantulan warna langit, ternyata dengan menikmati suasana di sore hari di wisata Danau Weekuri ini kita juga sanggup menikmati keindahan alam disana sambil melihat sunset dari atas karang disekitar Danau Weekuri.
Baca : Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang, Cari spot foto instagramble Ya di sini aja – Tonton videonya


Fasilitas Pendukung di Wisata Danau Weekuri

Untuk fasilitas penunjang bagi para wisatawan di Danau Weekuri mirip toko, warung, toilet dan penginapan belum tersedia di tampat ini. Makara bagi para wisatawan yang ingin travelling ke Danau Weekuri Sumba  NTT sebaiknya mempersiapkan perbekalan secukupnya mirip masakan dan minuman untuk dinikmati selama perjalanan menuju Danau Weekuri.

Walaupun Danau Weekuri masih minim kemudahan dan saluran jalan yang masih belum memadai, namun untuk keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Dan sebutan untuk nirwana tersembunyi memang sangat pantas untuk menggambarkan keindahan yang ada di Danau Weekuri Sumba.Referensi:

https://www.indonesiakaya,com/jelajah-indonesia/detail/terpesona-jernihnya-danau-weekuri-laguna-tersembunyi-di-sumba
http://ketahui.com/sebening-kaca-indahnya-wisata-danau-weekuri-di-sumba

Demikian ulasan mengenai Wisata tersembunyi nan Indah di Danau Weekuri Sumba, NTT, semoga selalu bermanfaat selalu. Terimakasih.

Booking.com
Tags:
join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: