SHOPPING CART

close

Wisata Unik Desa Kreatif Kampung Topeng Malang Jawa Timur

Wisata Unik Desa Kreatif Kampung Topeng Malang Jawa Timur

Wisata yang satu ini tergolong sangat unik yang berada di Malang, sebuah desa dimana memiliki warganya yang sangat kreatif dengan usaha ingin memajukan pendapatan desa dengan mengubah desanya menjadi tempat kunjungan wisatawan yang datang ke Malang. Teman traveler wajib untuk datang ke Desa ini karena memiliki ciri khas terdapat koleksi banyak topeng – topeng baik dari lukisan di setiap tembok rumah, pahatan dan spot foto topeng lainnya. Kunjungi langsung Wisata Unik Desa Kreatif Kampung Topeng Malang Jawa Timur.

Tentang Desa Kreatif Kampung Topeng

Kampung Topeng yang berada di Malang memang sudah ada sejak 2017 dan di resmikan langsung oleh Alikota Malang pada waktu itu yakni Bok. Moch. Anton. Wisata unik malang ini mampu menarik perhatian banyak pengunjung yang ingin sekedar melihat dan penasaran mengenai wisata kampung Topeng yang sempat viral di awal peresmiannnya.

Pengunjung yang datang ke Kampung Topeng bakalan di ajak berinteraksi dengan mencoba memberikan kreatifitasnya sendiri untuk membuat sekaligus mewarnai topeng sendiri – sendiri, kesempatan ini akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.

Luas Kampung Topeng mencapai 5.000 Ha sekaligus menjadi perhatian khusus dari pemerintah kota Malang, disini terdapat sekitar 40 unit rumah yang dibangun dari program pemerintah dan kementrian sosial dimana penghuninya memiliki mata pencaharian dari pedagang – pedagang kecil, para tuna wisma dan orang – orang yang tidak mampu.

Baca : Regent’s Park Hotel, Hotel murah bintang 3 di Kota malang – Harga mulai Rp.400.000 / malam

Wisata Kampung Topeng, Malang / Foto by IG @wardah.nk

Menelusuri Kampung Topeng, Malang

Kampung Topeng di malang ini menyuguhkan ratusan topeng – topeng dengan aneka warna dengan banyak karakter di pajang rapi, terdapat juga banyak tanaman dengan bunganya yang mekar. Ikon Kampung topeng ini dan sering dipakai untuk berfoto antara lain adalah topeng raksasa dengan ukuran tinggi 7,5 meter x lebar 5 meter, 2 topeng raksasa ini adalah Dewi Sekartaji dan Amsorobangun yang merupakan tokoh pewayangan yang menjadi tradisi cerita seni dan budaya yang ada di Malang.

Mengadakan tour wisata lebih ke dalam wisata kampung topeng lagi, pengunjung akan menemukan fasilitas yang bernama Omah Topeng, disini kita bisa membeli oleh -oleh berupa topeng dalam bentuk souvenir yang lucu dan menarik, menariknya lagi dalam omah topeng kita bisa mendesain sendiri warna topeng yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan bayi.

Wisata Kampung Topeng juga menyediakan para guide atau pemandu wisata yang merupakan warga sana sendiri, mereka akan dengan senang hati memberikan informasi mengenai sejarah kampung topeng serta cerita mengenai masing topeng. Wisata kampung Topeng juga menyediakan fasilitas lainnya seperti wahana flying Fox dll.

Kampung Topeng mampu memberikan sentuhan wisata yang berbeda dan sangat unik dimana kita bisa melihat kreatifitas dari penduduk setempat yang berusaha memajukan daerahnya dalam bentuk budaya dan seni dan segi positifnya tentunya dapat memajukan pendapatan ekonomi dalam masing -masing keluarga. Lagian wisata unik malang ini sangat di support dan dibantu oeh pemerintah setempat, contohnya merekan membina para remaja untuk membuar organisasi kesenian, tarian topeng, dan membuat seni kerajinan tangan dalam bentuk souvenir yang bisa di jual. Bagi yang mau kesini tentunya ingin mengetahui tentang lokasi dan harga tiket masuk menuju wisata unik desa kreatif kampung topeng bukan ?

Baca : 10 Hotel Populer di Tengah kota Malang, Terupdate 2019

Lokasi Wisata kampung Topeng Malang

Wisata desa kreatif ini berada di Desa Tlogowaru, kec. Kedungkandang, Kabupaten malang, jawa Timur.

Lokasinya berada sekitar 9 km dari alun – alun kota Malang, akses jalan menuju ke lokasi wisata kampung topeng juga sudah bagus.

Cek google Maps.

Harga Tiket Masuk Kampung Topeng, Malang

Harga Tiket Masuk Kampung Topeng, Malang

Berapa HTM masuk kampung topeng Malang ?

Bagi teman traveler yang hendak jalan -jalan ke kampung topeng wajib menyiapkan sedikit budget untuk biaya masuknya yakni HTM kampung Topeng Malang adalah Rp.5.000. khusus anak sekolah akan dikenakan biaya promo yakni tiket Rp.5.000 tersebut berlaku untuk 2 orang.

Untuk tiket wahana flying fox di kampung TOpeng Malang adalah Rp.20.000/orang

Lihat Video mengenai kampung topeng Malang

Begitu kerennya dan rekomended untuk di kunjungi kampung topeng malang ini selain tempat wisata unik malang ini, berikut kami informasikan tempat wisata lainnya yang masih berdekatan dengan wisata unik kampung topeng malang antara lain adalah

1. Tempat Wisata Coban Amprong, lokasi wisata di Kecamatan Kedungkandang, Kabupaten Malang, Jatim 65137. Berjarak 6,6 kilometer dengan waktu tempuh 21 menit dari lokasi wisata.

2. Tempat Wisata Kampung Warna Warni Jodipan, lokasi wisata di Gg. 1, Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Blimbing, Kabupaten Malang, Jatim 65126. Berjarak 8,3 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit dari lokasi wisata kampung topeng.

3. Tempat Wisata Alas Bereng, lokasi wisata di Jalan Kalianyar Buring No. 79, Buring, Kedungkandang, Gorgenarok, Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kabupaten Malang, Jatim 65135. Berjarak 4,3 kilometer dengan waktu tempuh 13 menit dari lokasi wisata kampung topeng.

4. Tempat Wisata Rolak stream, lokasi wisata di Jalan.K.Hasyim Kedungkandang 5, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jatim 65137. Berjarak 7,7 kilometer dengan waktu tempuh 21 menit dari lokasi wisata kampung topeng.

5. Tempat Wisata Ternak Kandang Macan, lokasi wisata di Jl. Danau Djonge No.22, Sawojajar, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kabupaten Malang, Jatim 65139. Berjarak 8,3 kilometer dengan waktu tempuh 22 menit kampung topeng.

Baca :

Berikut beberapa review mengenai Wisata kampung Topeng malang, di ambil dari google review

Kampung tematik yg berlokasi di ujung tertinggi and terluar dalam Kota Malang. Tempat ajang swafoto yg mumer dgn suasana alam yg asri.
Tips: pakai sepat👟 yg nyaman dan gunakan topi👒.

Dreys Hendrix

Sebuah kampung kreatif tempat dibinanya rmasyarakat oleh Dinas Sosial Kota Malang.
Wilayah tidak begitu luas, namun memberikan nuansa yang berbeda dibanding kampung-kampung binaan lain.

Untuk menuju kampung ini baiknya lebih banyak tanya warga. Sebab jika mengandalkan Google map cenderung dibelokkan ke akses yang tidak layak. Seperti jalan berbatu atau tanah. Atau bahkan jalan setapak kebun.

Syamsul Arifin

Baca artikel lainnya : Malang Night Paradise – Wisata yang cuma ada pada malam hari saja di Kota Malang

Demikian ulasan mengenai Wisata Unik Desa Kreatif Kampung Topeng Malang Jawa Timur, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

#wisatamalang #desawisatamalang #liburanmalang #kampungtopengmalang

Tags:

0 thoughts on “Wisata Unik Desa Kreatif Kampung Topeng Malang Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: